Tahukah Anda Apa Itu SHALAT WUSTHA…?

5 10 2010

senja

senja

Sebagai seorang muslim yang insya Allah dalam kesehariannya selalu disibukkan dengan membaca alquran, maka tentu kita pernah membaca sebuah ayat tentang shalat wustha. Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah ta’ala…

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلاةِ الْوُسْطَى…………………….. (٢٣٨)

Peliharalah semua shalat(mu), dan peliharalah shalat wustha. Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’. (QS. Al Baqarah : 238)

Tahukah kita sekalian tentang apa yang dimaksud dengan shalat wustha…?

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan melalui Ali radliyallahu’anhu bahwa ketika perang Ahzab, dikatakan oleh beliau,” Kami dibuat lalai (oleh musuh) dari shalat wustha, yaitu shalat ‘ashar. Semoga Allah memenuhi rumah – rumah dan kuburan mereka dengan api neraka.” (HR. Muslim, I/205, 437 dan 627)

Dari hadits yang agung itu, dapat kita ketahui bahwa shalat yang memiliki kata lain sebagai shalat wustha adalah shalat ‘ashar.

Mengapa Allah ta’ala memberikan tempat terkhusus dalam kitab-Nya yang menjelaskan tentang keharusan memelihara atau menjaga shalat ‘ashar…? Tentunya ada keistimewaan tersendiri yang terdapat pada shalat ‘ashar serta ada ancaman yang besar bagi siapapun yang meninggalkan shalat tersebut.

Di antara keistimewaan shalat wustha atau shalat ‘ashar adalah

1.  Shalat yang oleh Malaikat langsung dikabarkan kepada Allah ‘azza wa jalla.

Ketahuilah, bahwa ada 2 waktu dimana malaikat yang menyertai setiap manusia, akan naik ke atas langit dan mengabarkan kepada Allah ta’ala tentang apa yang kita lakukan saat itu. 2 waktu tersebut adalah waktu shubuh dan waktu ‘ashar.

Abu Hurairah radliyallahu’anhu mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda…

“ Para malaikat penyerta malam dan malaikat penyerta siang akan silih berganti mendatangi kalian. Mereka berkumpul pada saat shalat shubuh dan shalat ‘ashar. Kemudian malaikat  malaikat tersebut naik ke atas langit sehingga Allah ta’ala bertanya kepada mereka, “ dalam keadaan bagaimana kalian tinggalkan hamba – hamba-Ku…?” (Allah ta’ala lebih tahu terhadap apa yang Dia tanyakan).

Kemudian para malaikat menjawab,” Kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami tinggalkan mereka dalam keadaan shalat pula.”(HR. Al Bukhari, no. 555 dan HR. Muslim, no. 632)

Maka hendaknya seorang muslim yang baik menyegerakan mengerjakan shalat shubuh dan ‘ashar-nya di awal waktu.

2.  Shalat yang dengannya, Allah ta’ala akan berikan nikmat melihat dzat Allah tanpa berdesakan di Surga.

Telah masyhur bagi seorang muslim bahwa setiap muslim yang hidup di dunia ini, yang bertauhid seutuhnya kepada Allah ta’ala, maka baginya akan mendapatkan balasan surganya Allah ta’ala. Dan kenikmatan terbesar yang akan didapati oleh para ahli surga adalah nikmat melihat dzat Allah ta’ala. Salah satu jalan pintas untuk mendapatkan kenikmatan tersebut adalah dengan menjalankan dengan segera shalat ‘ashar di awal waktu.

Jarir ibnu ‘Abdillah mengabarkan bahwa suatu malam, beliau pernah bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang ketika itu sedang melihat bulan purnama. Kemudian Nabi bersabda…

“ Sungguh kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini,.Dan kalian tidak akan saling berdesakan untuk meihatNya. Maka, jika kalian mampu untuk tidak terkalahkan dalam melaksanakan shalat sebelum terbit matahari (shubuh) dan menyegerakan shalat sebelum terbit matahari (‘ashar), maka lakukanlah…! Kemudian beliau membaca sebuah ayat…

فَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ الْغُرُوبِ

“ Dan bertasbihlah sambil memuji Rabb-mu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya..” (QS. Qaaf : 39) (HR. Al Bukhari, no. 554 dan HR. Muslim, no. 633)

3.  Shalat yang bias mengantarkan ke surga.

Abu Musa radliyallahu’anhu mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda…

“ Barangsiapa yang mengerjakan shalat pada dua waktu (subuh dan ‘ashar) maka niscaya dia akan masuk surga.” (HR. Al Bukhari, no. 574 dan HR. Musim, no. 635)

4.  Shalat yang oleh Rasulullah ‘alaihi ash shalatu wa salam, beliau kerjakan selalu di awal waktu.

Anas radliyallahu’anhu mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mengerjakan shalat ‘ashar di waktu matahari masih tinggi lagi terang dimana jika ada seorang pergi ke kampong ‘Awali, maka dia akan sampai di sana ketika matahari masih tinggi. (Muttafaqun ‘alaihi, HR. Al Bukhari 550 yang tercantum di buku Fathul Baari, II/28)

Namun, disamping keistimewaan yang akan didapat bagi siapapun yang menyegerakan untuk mengerjakan shalat shubuh dan shalat ‘ashar, maka sudah barangtentu ada sebuah ancaman yang besa bagi siapa saja yang menyepelekan atau bahkan tidak mengerjakan shalat wustha’ ini. Di antara ancaman bagi orang yang menyepelekan shalat ‘ashar ini adalah:

1.  Dosa orang yang meninggalkan shalat ashar seperti orang yang dikurangi (anggota) keluarganya dan seluruh harta bendanya.

‘Abdullah bin Umar radliyallahu’anhuma mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “ Orang yang tidak mengerjakan shalat ‘ashar adalah seperti yang dikurangi (anggota) keluarganya dan seluruh harta bendanya.” (Muttafaqun ‘alaihi, HR. Muslim, no. 626 dan HR. At Tirmidzi, no. 113)

2.  Meninggalkan shalat ‘ashar akan menggugurkan seluruh amalan.

Dari Buraidah radilyallahu’anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Barangsiapa yang meninggalkan shalat ‘ashar, maka gugurlah seluruh amalannya…!” (Hadits Shahih, An Nasa’I no. 497)

3.  Mengakhirkan shalat ‘ashar, adalah salah satu tanda orang MUNAFIK.

Banyak di antara kita yang tersibukkan urusan dunia sehingga merasa berat untuk melaksanakan shalat ‘ashar tepat di awal waktunya. Bahkan banyak pula di antaranya yang mengakhirkan shalat ini. Padahal andai kita semua tahu hadits ini…

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Itu adalah shalatnya orang MUNAFIK…!!! Seseorang duduk – duduk dan mengamati matahari hingga apabila matahari berada di antara dua ujung tanduk syaithan, ia mengerjakan empat rakaat (shalat ‘ashar) dengan cepat, dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali hanya sedikit saja.” (Shahih, HR. Abu Dawud, no. 399 dan HR. An Nasa’I, I/254)

Jika keutamaan mengerjakan shalat wustha/ shalat ‘ashar tepat di awal waktu adalah sedemikian menggiurkan, apakah lantas kita masih berleha – leha dan bersantai ria untuk mengerjakannya…? Maka sunguh akan merugi orang yang demikian ini…

Dan jika ancaman yang ditebarkan oleh Allah ta’ala bagi orang – orang yang lalai terhadap shalat ‘ashar, adalah sedemikian kerasnya, maka apakah kita masih berniat menunda – nunda dan menganggapnya dengan sebelah mata…? Sungguh akan celakalah orang – orang yang semacam ini…

Akhirul kalam, semoga Allah ta’ala melindungi saya dan setiap orang – orang yang matanya tertuju pada tulisan ini, serta memberikan hidayah taufiq kepada kita untuk bias mengerjakan shalat wustha atau shalat ‘ashar dengan tepat waktu….

—+++—

Ditulis Didit Fitriawan di Sidoarjo, 02 Oktober 2010 pkl. 13.20 WIB

Maraji’ : Kitab al Wajiz Fi Fiqhus Sunnah oleh Asy Syaikh ‘Abdul Adhim Badawi


Actions

Information

34 responses

5 10 2010
sholihah

Semua amalan akan kembali padaNya. Tidak ada satu manusia pun yg bisa menghitung berapa banyak amalan dan dosanya. Bila kita mau melihat sedikit saja, ya tidak usah jauh-jauh, bagaimana diri kita saat terbelenggu anatara kewajiban mencari nafkah dan keharusan mematuhi ruang lingkup kerja. Misalnya dengan adanya meeting yang diadakan di waktu ashar. Atau lembur yang mengharuskan kita terkadang sampai kalah waktu subuhnya. Tapi kalau kita mau berkaca, sebenarnya kan yang salah bukan dunia dan peraturan yg ada. Coba kalau kita memiliki dasar agama yg kuat, insyaAllah, hati tidaklah tertutup untuk selalu kembali melaksanakan kewajiban kita kepada Allah diatas semua yg ada di dunia (dalam segala hal, tidak hanya terkait contoh di awal). Justru dengan beristiqomah, kita sama dengan apa yg dikatakan dengan jihad. Bukan begitu? Dan selebihnya kembali padaNya.

25 07 2011
hajrah

pemikiran seperti ini yang terkadang membuat kita bermain antara persaan dan logika,, sehingga setan diberikan kesempatan untuk mengambil andil dalam mempermainkan manusia,, klau dipikir allah adalah pemeggang kekuasaan tertinggi ats ciptaannya,, dn sepatutnya lah kita lebih mendahulukan perintah ALLAH dri pd kegiatan dunia,,
dan selakyaknya lh dalam melakukan kegiatan dunia berlandaskan pd ridho ALLAH swt..
dan jangan pernah takut kehilangan kerjaan karena melaksanaan kewajiban kepada ALLAH karena ALLAH tidak pernah meninggalkan umatnya yang selalu mengingat dn lebih mendahulukannya dr pd yang lain..
terleps ada yang susah walau sudh berusaha dan menjalankan perintahnya semua itu merupakan ujian dan tabungan di akherat kelak..
kehidupan bukan hanya di dunia namun ada kehidupan yang lebih kekal setelah kematian…..
maaf bila saya bila saya salah,,,(^___^)!!!..

7 06 2013
nugroho cahyo

Baik, kesalahan sudah dimaafkan, yaitu penulisan kata Allah dengan huruf kecil, dan tulisan “NYA” yang berarti Allah dengan huruf kecil juga

7 10 2010
lekdjie

ijin buat disebar difb.makasih sebelumnya.

7 10 2010
4 12 2010
Tahukah Anda Apa Itu SHALAT WUSTHA? « KAESHAFIZ 'WEBLOG

[…] Sumber :  fitrahfitri.wordpress.com […]

9 08 2012
mahfud

Luar biasa tulisan ini…

18 10 2012
Agus Wijaya

alhamdulillah jazakallah

2 03 2013
wawan ridwan

i like

11 03 2013
Rozali. Romli

Terima ksh atas tulis Akhi yang telah menambah semangat saya untuk memperhatikan shalat subuh dan shalat wustha(asar)semoga Allah meridhai akhi sekeluarga Amin

3 07 2013
abdchalim

Semoga kita slalu mendpt hidayah dan maunnah dr Alloh

12 09 2013
Firman Syah

Izin share yaaaa

Syukron

20 09 2013
naputro

Assalamualaikum.
Ijin copas ustadz.
Syukron.

20 09 2013
naputro

Assalamualaikum ustadz, ijin copas.
Syukron.

10 03 2014
hendy

Terima kasih atas informasinya.. :) semoga Allah yang Maha Pemurah yang membalas penulis..

11 03 2014
rendra

Alhamdulillah, semoga amalan anda diterima allah swt

5 06 2014
Gigih

Terima kasih atas ilmunya. Semoga Allah menerima amalan Anda

7 06 2014
abdul cholid muslich

sungguh Shalat Ashar perkara yang tidak bs ditinggalkan??? Semoga Allah memberikan kesempatan untuk bs shalat ashar berjamaah? Aamiin

4 02 2015
aura

apa yg dilakukan disaat kami mau ikut jamaah shalt asar anak kcil kami menyuruh shalat di rumah ksaja

19 03 2015
siti yangyang lisnawati

aamiin

22 03 2015
oca

MasyaAllah…maha benar Allah dgn segala firman Nya

8 04 2015
27 08 2015
clown4967

Terima Kasih infonya…

24 10 2015
Arif Se

Terimakasih atas ilmunya bagi penulis. Semoga membuatku dan kita semua yg membaca artikael ini lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,Aamiin.
Semoga membuat kita meraih lebih banyak pahala dengan selalu shalat di awal waktu.
Sesungguhnya orang2 yg suka menunda2 waktu shalat adalah orang2 yang kurang iman dan takwanya.
Orang2 yg lebih mementingkan kepentingan dunia daripada kepentingan akherat adalah orang2 yg menjual kehidupan akherat demi kehidupan dunia,padahal dunia ini hanyalah fana(akan binasa) sementara akherat itu kekal(selama2nya).
Kenikmatan di akherat beribu kali lipat dari kehidupan dunia begitu juga sebaliknya,siksanya beribu kali lipat dari siksa dunia,na’udzbillah..

24 10 2015
ARIF SETIA

Terimakasih atas artikelnya untuk Penulis. Semoga kita semua yang membaca artikel ini semakin kuat iman dan takwanya kepada Allah SWT,Semoga kita semua semakin menjaga shalat kita di awal waktu,Aamiin.
Sesungguhnya orang2 yang suka menunda2 waktu shalat adalah mereka orang2 yang kurang iman dan takwanya.

29 07 2016
Muhammad Sufron Chaffas

Assalaamu’alaykum, rekans muslim ysh, sesungguhnya para pengikut paham Islam yang menyimpang/ sesat telah menguasai dan merusak ajaran agama islam, sehingga kata Wusthoo tidak diartikan dengan redaksi ayatnya, insyaa Allah, sesungguhnya pemahaman Surat-2 Al-Baqoroh ayat-238 : “Peliharalah semua sholaat(mu) dan (peliharalah) keseluruhan sholaat, berdirilah untuk Allah (dalam sholaatmu) dengan khusyu’”. Mohon maaf atas keterbatasannya, terima kasih, wa assalaam.

15 08 2016
088808510023

Saya sngat bertrimaksih kang didit atas smua yg blom saya tau saya jadi tau…sngat berguna bagi orng yg membaca.

21 09 2016
hamba allah

Aki mis sholata li zikri
Dirikanlah shalat untuk MENGINGAT ALLAH.
klo cuma mendirikan sholat untuk mengingat allah cuma 5 WAKTU subuh duhur ashar magrib isya.berarti km itung itungan dong sama allah??
Bgai mana klo misalnya allah itung itungan sama km.klo km ingat allah 5waktu
Allah inget km cuma 5 waktu??

25 09 2016
Femmy

Sy baru baca ayat ttg sholat wustha..ketika su searching artinya. .sy menemukan artikel ini..Semoga ALLAH slalu memberkahi sang penulis…Terima kasih.

22 10 2016
Siti ayuni

Assalaamu’alaykum wr.wb.
Apa benar sholat wustho itu sholat ashar?
Apakah itu pemahaman sendiri? Darimana sumbernya bahwa sholat wustho itu sholat ashar.
Wustho itu artinya tengah, tengah itu mana? Dada. Di dlm dada ada hati. Jadi, sholat wustho itu adalah sholat hati. Atau dzikir khofi. Mohon ditinjau lg artikelnya. Mengenai sholat wustho,tanyalah org2 thorekat

22 02 2017
Hendri

Syukron penjelasanya. izin share ya.

11 06 2017
idaL

insya Allah

25 01 2018
Sri

Terina kassih atas pemberitahuannya, sungguh aku sering lalai, solar, tpi membaca wacana ini buat aku sadar,kekhilafanku,smga kita selalu diberi hidayahNYA.

10 02 2019
Norzaini Hussain

Alhamdulilah…terima ksh atas perkongsian.

Leave a comment