Sejenak Renungkan…

22 12 2009

renungan_senja

renungan_senja

Secuplik nasehat telah penulis dapatkan dalam sebuah buku yang ditulis oleh para ulama’. sebuah nasehat yang darinya, mengalir pintu – pintu manfaat dan hikmah. Namun siapa yang akan mengambil faedah dari nasehat ini…?

Khalifah Umar bin Abdul Aziz untuk berpesan kepada salah seorang panglima perangnya sebagaimana berikut:

“Hendaknya engkau senantiasa bertakwa kepada Allah dalam setiap situasi yang engkau hadapi, karena ketakwaan kepada Allah adalah senjata paling ampuh, taktik paling bagus, dan kekuatan paling hebat. Janganlah engkau dan kawan-kawanmu lebih waspada dalam menghadapi musuh dibanding menghadapi perbuatan maksiat kepada Allah. Karena perbuatan dosa lebih aku khawatirkan atas masyarakat dibanding tipu daya musuh mereka. Kita memusuhi musuh kita dan mengharapkan kemenangan atas mereka berkat tindak kemaksiatan mereka. Kalaulah bukan karena itu, niscaya kita tidak kuasa menghadapi mereka, karena jumlah kita tidak seimbang dengan jumlah mereka, kekuatan kita tidak setara dengan kekuatan mereka. Bila kita tidak mendapat pertolongan atas mereka berkat kebencian kita terhadap kemaksiatan mereka, niscaya kita tidak dapat mengalahkan mereka hanya dengan kekuatan kita.

Jangan sekali-kali kalian lebih mewaspadai permusuhan seseorang dibanding kewaspadaanmu terhadap dosa-dosamu sendiri. Janganlah kalian lebih serius menghadapi mereka dibanding menghadapi dosa-dosa kalian.

Ketahuilah bahwa kalian senantiasa diawasi oleh para malaikat pencatat amalan. Mereka mengetahui setiap perilaku kalian sepanjang perjalanan dan peristirahatan kalian. Hendaknya kalian merasa malu dari mereka, dan berlaku santun dihadapan mereka. Jangan sekali-kali menyakiti mereka dengan tindak kemaksiatan kepada Allah, padahal kalian mengaku sedang berjuang di jalan Allah.

Janganlah sekali-kali kalian beranggapan bahwa: “Sesungguhnya (perbuatan) musuh-musuh kita lebih jelek dibanding kita, sehingga tidak mungkin mereka dapat mengalahkan kita, walaupun kita berbuat dosa. Betapa banyak kaum yang telah dikuasai oleh orang-orang yang lebih jelek, akibat dari perbuatan dosa kaum tersebut.”

Mohonlah pertolongan kepada Allah dalam menghadapi diri kalian, sebagaimana kalian memohon pertolongan kepada-Nya dalam menghadapi musuh kalian. Sebagaimana kamipun turut memohon hal tersebut untuk diri kita dan juga untuk kalian.” (dikutip dari kitab Hilyatul Auliya’, oleh Abu Nu’aim Al Ashbahaany 5/303)

—+++—

Saudaraku, apa yang akan kau ambil dari goresan nasehat emas ini…?

Dicuplikkan abu ‘abdirrazzaq al fitrah di keheningan fajar, Surabaya 5 Muharram 1431H


Actions

Information

6 responses

22 12 2009
unga

^^

24 12 2009
awisawisan

assalaamu’alaykum wa rohmatullaahi wa baarokaatuh,
sudah lama tidak mampir, jazaakallaahu khoyron artikelnya, pakdit…

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakatuhu
iya mbak buny, wa anti jazaakillahu khairan.

30 12 2009
vaepink

Ya Allah…, lindungi kami dari kejahatan diri kami sendiri… Amin

25 01 2010
Wahyu Kresna El Haydar

:) jazakallah khairan… mampir lagi akh. :)

25 01 2010
Wahyu Kresna El Haydar

ana izin share akh ;)

Didit Fitriawan berkata…
Monggo akhi… :)

18 01 2012
abu raafi aira adani

Jazaakallaahu khairan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: