Dan Malaikat-pun Menyampaikan Doa pada…

15 12 2009

pena_doa

pena_doa

Dalam kitabNya, Allah Subhanahu Wata’ala berfirman, “Sebenarnya (malaikat – malaikat itu) adalah hamba – hamba yang dimuliakan, mereka tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah – perintah-Nya. Allah mengetahui segala sesuatu yang dihadapan mereka dan yang dibelakang mereka, dan mereka tidak memberikan syafa’at melainkan kepada orang – orang yang diridhai Allah, dan mereka selalu berhati – hati karena takut kepada-Nya” (QS Al Anbiyaa’ 26-28)

Dan Dia telah mengabarkan bahwa ada di antara manusia yang akan didoakan oleh malaikat. Namun tidak semua manusia bisa mendapatkan doa itu begitu saja, Allah mensifati mereka hanya bagi orang – orang yang diridhai Allah semata. Siapa sajakah mereka…

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci.

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abdullah bin Umar radhiallahu’anhu., bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.” (Hadits Shahih dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2. Orang yang duduk menunggu shalat.

Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu., bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia…” (HR. Muslim no. 469)

3.  Orang – orang yang berada di shaf bagian depan di dalam shalat.

Imam Abu Dawud (dan Ibnu Khuzaimah) dari Barra’ bin ‘Azib radhiallahu’anhu., bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang – orang) yang berada pada shaf – shaf terdepan…” (Hadits Shahih dalam Shahih Sunan Abi Dawud, I/130)

4. Orang – orang yang berinfak.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu., bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit'” (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

Semoga amalan yang nampak ringan bagi orang – orang yang dirahmati oleh Allah ini, mampu memotivasi kita untuk mendapatkan doa dari hamba – hamba Allahyang tidak pernah bermaksiat dan membantah Rabb-Nya, serta memacu kita menjadi manusia – manusia yang beruntung.

dikutipkan dari buku “Orang – Orang yang Didoakan Malaikat”, tulisan Asy Syaikh Fadhl Ilahi, Pustaka Ibnu Katsir, Bogor, Cetakan Pertama, Februari 2005  by aL_FitraH di Fajar Kota Surabaya


Actions

Information

2 responses

15 12 2009
laylay

“Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit’” (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)

Kalo kelupaan atau lagi ga punya duit gimana??

Ijin copas ya utk dakwah..
Moga” semakin banyak yg mengamalkan tmasuk ana…
Jazaakallahu khoir..

Didit Fitriawan berkata…
Jika tidak punya uang, maka hadits ini akan menjawabnya:
Dari Abu Hurairah -radliyallahu’anhu- berkata,” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” Setiap persendian manusia wajib mengeluarkan shadaqoh setiap harinya dimana matahari terbit di dalamnya. Diantaranya; Engkau mendamaikan di antara dua orang adalah shadaqoh, Engkau membantu seseorang untuk naik ke atas kendaraannya atau menaikkan barang – barangnya itu merupakan shadaqoh, Kalimat yang baik (yang kau ucapkan) adalah shadaqoh, Tiap – tiap langkah yang engkau tempuh menuju masjid adalah shadaqoh dan Menyingkirkan gangguan dari jalan adalah shadaqoh.”(HR. Al Bukhari, No. 2707, 2891, 2989 & HR. Muslim, No. 1009. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban dlm Al Ihsaan No. 3381)
Semoga bisa terlaksana ya…

15 12 2009
araralututu

nice post! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: