Tidur Teratur, Cegah Penuaan Dini

15 05 2009
jangan_banyak_tidur

jangan_banyak_tidur

Untuk mempertahankan hidupnya, manusia dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut, orang harus bekerja. Orang yang gila kerja, ia akan bekerja siang dan malam, bahkan sepertinya tidak mengenal waktu, sehingga ia mengorbankan satu hal yang sangat berarti, yaitu istirahat, diantaranya adalah tidur.

Jangan heran, karena kesibukannya, ada orang yang hanya mempunyai waktu tidur sangat terbatas. Kurang tidur akan mengakibatkan pengaruh yang negatif pada tubuh, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

TIDUR

Tidur adalah suatu proses yang sangat penting bagi manusia, karena dalam tidur terjadi proses pemulihan, proses ini bermanfaat mengembalikan kondisi seseorang pada keadaan semula, dengan begitu, tubuh yang tadinya mengalami kelelahan akan menjadi segar kembali.

Jika proses ini terhambat, organ tubuh tak bisa bekerja dengan maksimal, akibatnya orang yang kurang tidur akan cepat lelah dan mengalami penurunan konsentrasi, tak hanya itu, ada hal lain yang lebih berbahaya, kurang tidur akan menyebabkan proses penuaan bisa terjadi lebih cepat.

HORMON SOMATROPIN

Hormon Somatropin adalah suatu hormon yang sangat berperan penting untuk menghambat proses penuaan, dan hormon ini bisa dihasilkan ketika tidur. Hormon Somatropin bekerja untuk regenarasi sel. Ketika jadwal tidur seseorang mengalami gangguan, hormon tersebut tidak dapat diproduksi secara baik, akibatnya regenerasi sel akan terhambat, padahal tanpa regenarasi, sel-sel yang mati tidak akan tergantikan, kerja selpun akan terhambat.

Jika kerja sel terhambat, berbagai metabolisme tubuh juga tidak akan berlangsung dengan baik. Sehingga orang yang kurang tidur akan lebih cepat tua, lambat laun akan terjadi kemunduran fungsi pada berbagai organ tubuh, manifestasinya, bisa terjadi berbagai macam penyakit.

KUALITAS TIDUR

Kualitas tidur juga perlu menjadi perhatian, kualitas tidak bergantung pada jumlah, namun bergantung pada pemenuhan kebutuhan tubuh akan tidur. Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda, ada yang butuh sekitar 10 jam, ada pula yang cuma 6 jam, lamanya waktu tidur bergantung individu, dan yang dapat mengukur adalah diri kita sendiri. Tetapi menurut aturan kesehatan, kebutuhan tidur untuk anak-anak adalah 8 sampai 10 jam, sedangkan untuk orang dewasa membutuhkan 6 sampai 8 jam.

Indikator tercukupinya waktu tidur tersebut adalah kondisi tubuh waktu bangun tidur, jika merasa segar setelah bangun tidur, berarti tidur kita sudah cukup, jika badan masih terasa loyo ketika bangun tidur berarti tidurnya masih kurang.

Karena itulah penting untuk memenuhi kebutuhan tidur, jangan sekali-kali memotong waktu tidur dengan alasan apapun, sebaiknya jadwal tidur sehari-hari diatur lebih baik supaya bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Jika waktu tidur belum juga tercukupi dengan baik, penting untuk mengkonsumsi antioksidan. Selain membantu menghambat proses penuaan, antioksidan juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tubuh yang sehat dan segar adalah dambaan setiap orang, Oleh sebab itu, adalah penting bagi Anda untuk menjaga tidur Anda. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang mencukupi setiap hari. Karena dengan kondisi yang segar, kita bisa melakukan aktivitas lebih baik.

taken from http://kapanlagi.com


Actions

Information

9 responses

16 05 2009
put3

nice artikel..

16 05 2009
mee

hooo…, postingan yg bagus!
heee…,
eh ada yang kurang mas.
di tambah lagi menggunakan produk perawatan kulit produksi saia dan teman2 akan menjadi lebih komplit! (heee…, numpang promosi).

hmmm…, sudah lama tak baca blog dan ngasi comment.
gmn kabar?
sehatkah?

Didit Fitriawan berkata…
Alhamdulillah, sehat dik.
Iya, udah lama…

17 05 2009
fachri

jazakallah atas informasinya…

18 05 2009
awisawisan

assalaamu’alaykum…
oh iya nih,
saya bingung dari agak lama lalu,
waktu tidur yang sesuai sunnah itu berapa lama ya…

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.
wallahua’lam mbak awis…

18 05 2009
mahabbahtedja

tidur saat kuliah…. aseeekkk!!!! :D

31 05 2009
afaneen

pede banget sih tidur waktu kuliah?
ndak malu tah?

Didit Fitriawan berkata…
Iya itu, mas Bagoes Tedja…!!!

19 05 2009
engg

para salaful ummah bekerja di siang hari dan sedikit tidur di malam hari..,bermunajat padanya dan disunahkan untuk agak mengakhirkan sholat isya’..,dan tidak berbicara setelah sholat isya…,

Dari Abu Barzah Radhiyallahu Anhu berkata bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam senang mengakhirkan shalat Isya’, membenci tidur sebelumnya dan berbicara sesudahnya. (HR. al Bukhari)

tapi bagi laki-laki tentu kewajiban sholat berjamaah didahulukan…betul g ituh????

1 07 2009
mencarimaknahidup

Tidur sunnah itu habis Isya’ ya pak Dit?

30 12 2010
dealer pulsa

yups sepeti motor kalo awet, harus dikasih jeda untuk servis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: