Dusta Dalam Sebuah Mimpi

6 05 2009

“Mas. tadi malam mimpi apa…?”

—+++—

Itulah secuplik kalimat yang pernah ditanyakan kepada saya. Dan, seketika saya teringat tentang bagaimana Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan…

Sebagian orang  ada yang sengaja membikin-bikin cerita mimpi yang tidak dialaminya, untuk tujuan tertentu, misalnya untuk mendapatkan keistimewaan, popularitas, menumpuk materi, atau menakut-nakuti orang yang sedang bermusuhan dengannya.

Banyak orang awam memiliki kepercayaan tertentu terhadap mimpi, sehingga mereka amat bergantung dengannya. Orang-orang seperti inilah yang banyak menjadi korban penipuan soal mimpi.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam memberi ancaman keras kepada orang yang suka mengada-adakan mimpi yang tak pernah mereka lihat. Beliau bersabda :

“Sesungguhnya di antara kebohongan besar adalah seseorang yang mengaku (bernasab) kepada selain bapaknya, atau bercerita tentang mimpi yang tak pernah ia lihat, serta meriwayatkan atas Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam sesuatu yang tidak pernah beliau katakan” ( HR Bukhari, Fathul Bari : 6/540).

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Barangsiapa (menceritakan) mimpi yang tidak ia lihat, ia dibebani mengikat dua biji gandum, dan tentu ia tidak akan mampu melakukannya…” (HR Bukhari,  Fathul Bari : 12/427).

Sungguh, sebuah hal sederhana… Namun teramat membuat celaka… Wallahu al Musta’an.


Actions

Information

8 responses

6 05 2009
mahabbahtedja

akhi didit…

6 05 2009
l5155st™

iya akhi Tej…

6 05 2009
mahfuzhoh

mimpi ….

tdk blh menceritakan ini maksudnya ga boleh scr mutlak krn memang ga pernah kita liat dlm dunia nyata atau ga boleh yg memang kita ga liat dlm mimpi kita (berbohong) ??

Boleh request ?? ttg adab2 ketika bermimpi….biar bs jd pelajaran yg utuh ^_^
Jazakallah Khoir

Didit Fitriawan berkata…
Tidak bolehnya adalah jika kita tidak bermimpi (misal) makan bakpao, tapi kita menceritakan pada teman atau siapapun bahwa kita mimpi makan bakpao…
Adab – adab ketika bermimpi…?
Insya Allah ya…jika dapat referensi ilmu dari kitab/buku lain.

7 05 2009
Nisa

wah, harus hati2 nggih…

selain itu, qt ndak boleh menceritakan mimpi buruk nggih ??

7 05 2009
engggg lagi

pernah denger mimpi buruk juga ga boleh diceritakan….klo mimpi baik gimana?

9 05 2009
hik_mah

asslamu’alaykum warahmatullah..
mampir2 lagi akh, baca2
wah gak mimpi trus crita mimpi? = dusta

9 05 2009
vaepink

Kadang mimpi saya itu adalah bagian dari kenyataan buat esok harinya…
Kenapa bisa seperti itu ya akhi ??

16 05 2009
rismaka

Salah satu anggota keluarga mertua saya pernah bilang bahwa beliau pernah bermimpi bahwa istri saya hamil dan punya anak laki2 (mimpi itu terjadi sekitar 6 bulan yg lalu sebelum anak saya lahir). Kemudian di dalam mimpi tsb anak saya diberi nama Muhammad Tanaza.

Nah begitu anak saya lahir dan alhamdulillah laki2, saat itu saya sudah memberinya nama Muhammad Fatih Shaquille Al Atsary (karena memang hak seorang ayah utk memberi nama kepada putranya), kemudian sang anggota keluarga tsb menceritakan mimpinya, DAN BERKEYAKINAN BAHWA MIMPI BELIAU MERUPAKAN PETUNJUK. Dia pun setengah memaksa utk mengubah ataupun menyisipkan nama anak saya menjadi Muhammad Tanaza.

Saya katakan dalam hati, PETUNJUK DARI MANA??? Masya Allah, begitu lancangnya orang2 tsb menisbatkan mimpi yg belum diketahui “juntrungannya” (asal usulnya) kepada petunjuk Allah… Apakah yakin itu petunjuk dari Allah HANYA BERDASARKAN SEBUAH MIMPI YANG KEBETULAN KENYATAAN TERJADI.

Duh kok jadi curhat ya??

AKhi, klo bisa tolong dibahas juga mimpi yang sudah pasti merupakan mimpi baik (tentunya berdasar dalil yg shahih) dan juga mimpi yg buruk (jika ada dalilnya)
Jazakalah khoir.

Didit Fitriawan berkata…
Jika ada referensi yang shahih insya Allah nanti akan kami usahakan untuk membahasnya, akhi. gimana kabarnya shaquille…??? Itu kaya’ nama pebasket NBA aja… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: