Catatan Kecil tentang Sebuah Rahasia…

16 03 2009


berbisik...

berbisik...

Mungkin di antara kita ada yang sedang menyimpan rahasia seseorang atau sedang dititipi oleh teman kita perihal sebuah rahasia. Maka bagi teman – teman yang dalam keadaan seperti ini, semoga kutipan ini bermanfaat agar kita berhati – hati dalam menjaga rahasia…

1.       Amr bin Ash radliyallahu’anhu berkata,” Tidaklah aku menitipkan rahasia kepada seorangpun, kemudian dia malah menyebarkannya, kecuali aku akan menghardiknya. Karena dengan begitu aku lebih merasa berat tatkala aku menitipkan rahasia kepadanya…! (Ghidza’ul Albab, I/91)

2.       Ali bin Abi Thalib radliyallahu’anhu berkata,” Rahasiamu adalah tawananmu, apabila engkau membocorkannya, maka engkau akan menjadi tawanannya.” (Adab Dunya wad dien. Hal. 83)

3.       Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,” Hati ibarat bejana dan bibir adalah gemboknya, sedangkan lisan adalah kuncinya. Maka setiap orang hendaknya menjaga kunci rahasianya.” (Al Mushtathraf hal.218)

4.       Shalih bin ‘Abdul Quddus berkata,” jangan pernah engkau titipkan rahasiamu kepada orang yang memintanya, karena orang yang meminta sebuah rahasia maka dialah orang yang pertama membocorkannya. Jangan engkau titipkan hartamu kepada orang yang minta titipan harta, karena orang peminta titipan harta adalah khianat.” (Al Mushtathraf hal.218)

5.       Seorang bijak berkata,”Hati orang yang baik adalah kuburannya rahasia.” Dikatakanpula,” percaya kepada seorang yang belum teruji adalah perbuatan merugi…” (Al Mushtathraf hal.218)

6.       Dikatakan juga,” Sabar dalam menggenggam bara api, masih lebih mudah daripada sabar untuk tidak menyebarkan rahasia.” (Adz Dzari’ah hal. 212)

Sebuah kisah, sebuah cerita…

1.       Dikisahkan bahwa Mu’awiyah pernah membicarakan sebuah pembicaraan rahasia dengan Walid bin Utbah. Kemudian Walid berkata kepada bapaknya,” Wahai bapakku, tadi Amirul Mu’minin menceritakan kepadaku sebuah pembicaraan rahasia. Aku memandang tidak mengapa hal ini aku ceritakan kepadamu bukan kepada yang lainnya.” Serta merta bapaknya menjawab,” Jangan engkau ceritakan rahasia itu kepadaku. Barangsiapa yang dititipi seseorang untuk menjaga rahasia, maka dia adalah orang pilihannya. Akan tetapi barangsiapa yang menyebarkan rahasia maka dia adalah orang pilihan yang buruk.”

Walid memprotes,” Wahai bapakku, bukankah ini hanya antara anak dan bapak…?” Bapaknya menjawab,” Tidak begitu wahai anakku. Hanya saja aku tidak ingin lisanmu itu menjadi hina dan kotor karena menyebarkan rahasia!”

Kemudian ketika Walid bertemu dengan Mu’awiyah, maka dia menceritakan hal tersebut kepada Mu’awiyah. Dan beliau berkomentar,” Wahai Walid, sungguh bapakmu telah menyelamatkanmu dari kesalahan karena membocorkan rahasia adalah haram bila berdampak bahaya, serta tercela jika tidak ada bahayanya…”

(Ihya’ Ulumuddin, III/1860)

2.       Ada seorang arab badui ditanya,” bagaimana penjagaanmu terhadap rahasia…?” Kemudian dia menjawab,” Aku tanamkan erat pada hatiku, kemudian aku kumpulkan serta aku lupakan, seolah – olah aku belum pernah mendengarnya…!”

(al Mustathraf, hal. 218)

Semoga saya dan antum sekalian wahai para pembaca, mampu untuk menjadi seorang penjaga rahasia yang amanah. Insya Allah

Dikutip dari majalah AL FURQON edisi 08, th. Ke VIII, 1430H / 2009 M



Actions

Information

6 responses

17 03 2009
rismaka

Pengalaman pribadi ya?

Didit Fitriawan berkata…

Bukan akhi.

17 03 2009
rizal

artikel yang menarik, terima kasih.

18 03 2009
yoyok

cak tolong bagi2 ilmu nge blog nya dong!
ana buat blog di wordpress.com tapi nggak bisa L susah ngisi nya
Syukron

21 03 2009
mahabbahtedja

pengalaman pribadi ya?
:D

Didit Fitriawan berkata…
Bukan akhi.

23 03 2009
rismaka

Beneran nih bukan???

Didit Fitriawan berkata…
Bukan kok, akhi… :)

12 09 2009
nisa

assalamu’alaikum
afwan ya akhi….boleh yah nisa izin copy paste beberapa artikelnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: