Mengapa Meminta ketika Engkau Punya…???

14 11 2008
meminta...???

apa yang kau pinta...???

“Eh bagi – bagi donk…!”

Kata yang biasa dan teramat mudah terucap dari lisan kita. Seakan tak pernah ada masalah dengan kata – kata itu. Namun pada hakikatnya, perkataan itu sedikit lagi akan mengarah pada kenistaan si peminta… Menjatuhkan harga dirinya serta menggadaikan kemuliaannya…

Ya…andai engkau sedang bercanda, maka hindarilah meminta – minta…

Tak pernahkah kau teringat akan ucapan Nabi Yang Mulia…

Sahl bin Hanzhaliyah Radhiallahu’anhu meriwayatkan, bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam…

“Barangsiapa meminta-minta sedang ia dalam keadaan berkecukupan, sungguh orang itu telah memperbanyak (untuk dirinya) bara api jahannam.” Mereka bertanya, “apakah (batasan)  cukup sehingga (seseorang) tidak boleh meminta-minta?” Beliau Shallallahu’alaihi wasallam menjawab, “Yaitu sebatas (cukup untuk) makan pada siang dan malam hari.” (HR Abu Dawud:2/281, Shahihul Jami’ :6280)

Ibnu Mas’ud Radhiallahu’anhu meriwayatkan, bersabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam :

“Barangsiapa meminta-minta sedang ia dalam kecukupan, maka pada hari kiamat ia akan datang dengan wajah penuh bekas cakaran dan garukan” [HR Ahmad 1/388, Shahihul Jami’ 6255]

Bagi kita sehari – hari tentu perkara ini amatlah lumrah dan biasa layaknya tak pernah terjadi apa – apa. Akan tetapi tanpa sadar kita terjerumus pada buaian dosa dan nestapa. Kita meminta ketika kita punya…! Subhanallahu wa na’udzubillah min dzalik…

Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi di antara pengemis ada yang berderet di depan pintu masjid, mereka menghentikan dzikir para hamba Allah yang menuju atau pulang dari masjid dengan ratapan yang dibuat sesedih mungkin. Sebagian lain memakai modus agak berbeda, membawa dokumen dan berbagai surat palsu disertai blangko isian sumbangan. Ketika ia menghadapi mangsanya, ia mengada-ngada cerita sehingga berhasil mengelabuhi dan memperoleh uang.

Bagi manusia tertentu, mengemis bahkan telah menjadi satu profesi. Mereka membagi-bagi tugas di antara keluarganya pada beberapa masjid yang ditunjuk. Pada saatnya, mereka berkumpul untuk menghitung penghasilan. Dan demikianlah, setiap masjid mereka jalajah. Padahal tak jarang mereka itu dalam kondisi cukup mampu dan sungguh Allah Maha Mengetahui kondisi mereka, dan bila mereka mati barulah terlihat warisannya.

Padahal sebetulnya masih banyak orang yang lebih membutuhkan, tetapi orang yang tidak tahu mengira mereka orang-orang mampu. Sebab mereka menahan diri dari meminta-minta, meskipun godaan kebutuhan sangat menjerat.

————————

Akan tetapi menjadi berbeda jika kita diberi oleh orang lain yang mana ia memberi kita dengan tulus ikhlash serta tanpa ada syarat yang memberatkan kita selaku penerima. Maka hendaknya kita menerima pemberian orang lain yang telah berbuat baik serta mengirinya dengan ucapan,” Jazakumullah khairan…!” Semoga Allah ta’ala membalas kebaikanmu…


Maka bersabarlah saudaraku… janganlah engkau meminta selagi engkau punya…

Wallahu Ta’ala a’lam bish shawab.

Hamba yang faqir… Al Fitrah Abu ‘Abdirrazzaq



Actions

Information

11 responses

14 11 2008
Afra Afifah

jazakalah khairan ats tausiyahnya akh didit ^^

Didit Fitriawan berkata…
Waiyyaki ahsanal jaza’, ukhti…Mungkin bukan tausiyah ya…! Tapi saling mengingatkan, itu lebih pantas.

14 11 2008
mahabbahtedja

…..akan datang dengan wajah penuh bekas cakaran dan garukan” [HR Ahmad 1/388, Shahihul Jami’ 6255]

akhy yang sangat saya sayangai karenaNya. saya pernah mendengar, serta membaca terkait hadits diatas (hampir mirip).
“…….akan datang dengan wajah tidak ditumbuhi daging” shahih kah?

but nice posting!!!
sudah lama ya kita tidak bersua….354 tahun bukan?
kapan kita kopdar akhy…
sssstttt…jangan ajak-ajak akhy ghani yah. :p

Didit Fitriawan berkata…
Benar akhi…ini yang antum maksudkan :

Dari Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Orang yang selalu meminta-minta pada orang-orang, akan datang pada hari kiamat dengan tidak ada segumpal daging pun di wajahnya.” (Muttafaq Alaihi. dalam Bulughul Maram no. 38)

Iya telah lama kita tidak bertemu…terakhir kali kita ketemu kan di warnet JAZZ sekarang kan? (ketika saya tulis tulisan jawaban ini)

Ghani…??? Siapa itu? (canda akhi…)

14 11 2008
ghani arasyid

kayaknya ini menyindir seseorang nih :roll:

tapi kalo minta ke orang tua selagi belum kerja boleh tho? :mrgreen:


Didit Fitriawan berkata…

Insya Allah masih boleh akhi, tapi kalo bisa antum segera kerja dan memberi mereka.

14 11 2008
fachri

Jazakallah atas nasehatnya

15 11 2008
awisawisan

assalaamu’alaykum..
pak dit,sy mampir ya..
iya pak dit,kal0 sy masih minta sm 0rang tua,itu nda papa kah,krn sy hitungannya kn msh dlm tanggungan 0rang tua ya?

artikelñ baik sx,pak dit,insya ALLAH sy ijin c0pas ntar kal0 lg 0l pake PC..

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalam warahmatullah.
Insya Allah tidak papa mbak Awis. Silahkan di copas, tapi sumbernya jangan dilalaikan ya…He.

15 11 2008
arsiparis

tapi klo minta nasehat, sah-sah aja tho?=)

16 11 2008
alhumairoh

“Bagi manusia tertentu, mengemis bahkan telah menjadi satu profesi. Mereka membagi-bagi tugas di antara keluarganya pada beberapa masjid yang ditunjuk” mereka menerapkan sistem MLM kali ya?? udah modern! ;p

tp, klo sama suami gimana dooong???

Didit Fitriawan berkata…
MLM…??? entahlah, saya kurang tahu ukhti.
Wah, kalo ada istri sampe meminta – minta pada suami karena suami tidak mencukupi kebutuhan istrinya…KELEWATAN BENER SUAMINYA tuh. Dari kajian – kajian ustadz kami tentang pernikahan, kami dapatkan jawaban bahwa diperbolehkan bagi istri untuk meminta pada suami menyangkut kebutuhan serta keinginannya yang sesuai dengan kemampuan suaminya. Wallahu ta’ala a’lam…

16 11 2008
Prasetyo Muchlas

Syukron Katsiron akhi, iya.. mungkin sebagian dari kita terlalu malas bertawakal kepada Alloh

17 11 2008
oRiDo™

hhhhh…
gitu yah…
oke deh.. insyaAllah di kurangi dan di hilangkan..
tapi *kok pake tapi :) *..
klo dalam rangka biar lebih mempererat silaturahmi gak apa yah?
:D

21 11 2008
vaepink

Lebih baik memberi dari pada menerima … :) ,
Tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah, ya kan akhi…

1 12 2008
phy

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
kapan nikahnya akhy?
jangan lupa undangannya ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: