Sehat dan Segar dengan Mandi…!

27 10 2008
mandi akhi...

mandi dulu yuk

Menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani test olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

Apa manfaat mandi dan berapa lama anda sebaiknya mandi? Berikut beberapa petunjuk mandi asyik dan menyehatkan:

Mengeluarkan racun

Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

Stress

Jika anda benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan, sebaliknya dari air hangat karena mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

Eksema

Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

Infeksi

Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

Flu dan Sakit Kepala

Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

Insomnia

Merendam kaki dalam air dingin sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

Sirkulasi

Cobalah merendam kaki secara bergantian antara air hangat dan air dingin jika anda mengalami masalah sirkulasi. Mulai dengan merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.

taken from http://kapanlagi.com


Buruan mandi saudaraku…!!!


Actions

Information

13 responses

27 10 2008
agunfirmansyah

Yang jelas, mandi mengurangi bau badan dan dapat mencegah panuan :cool: .

Btw, tentang mandi air hangat. Air yang hangat (sebenarnya tidak hanya air, suhu udara yang hangat juga masuk hitungan) dapat menyebabkan kematian pada bakal calon sperma dan merusak penghasil sperma.

Alhasil, sel penghasil sperma tersebut tak akan bisa memproduksi sperma lagi. Dan kalaupun ada sperma yang keluar, kemungkinannya sebagian besar sudah almarhum :sad: .

Tapi tenang saja. Kematian tersebut tidak dipicu oleh beberapa kali mandi air hangat. Tapi oleh mandi air hangat yang rutin.

~kan ceritanya mandi air hangat buat nurunin kadar gula. Berarti cocoknya buat orang tua :grin: .

Didit Fitriawan berkata…
Pintar mas ini…

27 10 2008
ghani arasyid

Assalamu’alaykum…
Ndengaren sekarang mbahas masalah kesehatan :mrgreen:


Didit Fitriawan berKata…

Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
Lagi pengin dan insya Allah bermanfaat untuk teman2 pembaca kan…??? :)

27 10 2008
l5155st™

Akhi Ghani… antum sudah mandi apa belum???

28 10 2008
kodir

assalamu alaikum
sebenarnya anjuran mandi wajib dan sunnah itu disaat kapan/dan gimana tata caranya?? :)
waalaikum salam

Didit Fitriawan berkata…
Insya Allah akan datang tulisan yang membahas tentang ini saudaraku Kodir yang baik. Semoga antum berkenan sabar untuk menunggu…

28 10 2008
rismaka

Buat para (kebanyakan) mahasiswa: Sebenarnya ana udah tahu aib-aib kalian, yakni JARANG MANDI… hohohohoo

28 10 2008
Melati

Rajin2lah mandi…hehe :)
Matur nuwun artikelnya…

29 10 2008
l5155st™

Untuk akhi Rismaka…antum mandi dulu lho ya!!!

29 10 2008
kodir

makasih akhi didit :)
kayanya mengena buat yang jarang mandi…tapi kalo mandi kembang gimana yach…;)

1 11 2008
mahabbahtedja

kebiasaan yang sering antum lakukan….
“kramas tapi ndak mandi” iya kan? aneh ini.
perlu dilakukan penelitian ini.

3 11 2008
l5155st™

antum ini…kenapa kebiasaan orang ditulis di blog sih???

5 11 2008
Aris D. Wicaksono

Assalamu’alaikum akhi…

Numpang lewat nech….:D

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalam warahmatullah.
akhi…akhirnya engkau mampir juga setelah saya menghampiri kost antum.

9 11 2008
arsiparis

yang jarang mandi…lets take a bath!!!tapi klo mandi cuma sekali sehari gmn dunks?saya pernah membaca ttg shahabat Ustman hanya mandi sekali sehari???

Didit Fitriawan berkata…
Ya, memang jika mandi kita terkesan boros air lebih baik memang berhemat dengan mandi sekali sehari, tapi mengenakan parfum yang terbaik bagi laki – laki. Sedangkan perempuan karena tempat terindah mereka adalah di rumah, percantiklah diri dan perwangilah kalian dengan parfum yang disukai oleh suami atau ayah – bunda kalian. Tapi jangan dipake keluar rumah.

26 11 2008
prim

kalau gak mandi aja 1 minggu gimana rasanya…Yang namanya mandi itu harus dana wajib bagi mereka yang mau hidup.. Kalau gak mandi ya mendingan gak usah hidup bersama, hidup aja di hutan. he he e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: