Engkaukah Mawar Terindah di Taman Itu…???

11 10 2008
mawar ini...

mawar untuk antum...

Bunga mawar itu melalui malam hari dengan kekhusyukan. Tidak menguncup setelah mekarnya meski diterpa angin dinginnya malam. Mawar itu telah mekar bukan hanya sejak kemarin. Dan akan senantiasa indah di kala malam, pagi dan di sepanjang hari. Siapa yang tidak tertegun melihat keelokan sekuntum mawar yang tumbuh subur, mekar dan basah oleh embun pagi. Bahkan tak akan layu oleh tatapan sinar mentari, serasa segar dan meneduhkan pandangan mata. Semua hati ingin memilikinya, lalu menanamnya di taman sendiri. Namun ke manakah ia harus dicari?

Seorang wanita di sisi seorang suami laksana mawar di taman. Suamilah yang akan menikmati keelokannya dan hanya untuk suamilah mawar itu tampil menggoda. Sebab suaminya-lah pemilik yang merawat dan memeliharanya. Namun siapakah wanita yang elok seelok mawar yang hanya mekar untuk suaminya itu?

Pertanyaan tersebut tidak akan didapatkan jawabannya selain sifat – sifat yang membuat elok dirinya, yang disebutkan oleh Allah dalam alquran. Dialah seorang istri idaman dan istri dambaan yaitu istri yang shalihah. Dialah wanita yang elok bahkan lebih elok dari sekuntum mawar yang mekar dan menawan. Dia anggun dan jauh lebih anggun dari warna – warni mawar di taman. Dialah yang Alah firmankan dalam ayat alquran…

“Maka wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allah lagi menjaga diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah menjaga mereka...”(QS. An Nisa : 04)

Allah menyebut keshalihan seorang wanita, hanya ada pada 2 sifat saja. Dialah seorang yang qanitah yang berarti taat dan hafidzah yang berarti penjaga. Duhai, betapa sejuk dan menawannya sebuah taman yang indah oleh keshalihan seorang istri yang senantiasa taat pada perintah dan anjuran kebaikan suaminya. Betapa tenteram hati suami sebagai pemilik dan penguasa taman yang dihiasi oleh seorang yang qanitah. Dan betapa sempurna ketenangan dan ketenteraman suami yang istrinya juga seorang hafidzah. Ya, pada istri yang hafidzah inilah suami tak ragu lagi menaruh kepercayaan padanya. Suami mana yang masih was – was akan istrinya di rumah tatkala ia harus beranjak jalan di muka bumi mencari nafkah dan ma’isyah bila istrinya adalah seorang yang rapi dalam menjaga diri dan kehormatannya. Suami mana yang tidak merasa aman akan istrinya bila istrinya adalah seorang hafidzah, memelihara hak – hak Allah dan hak – hak suaminya di kala suaminya tidak hadir di sisinya dan dengan sangat setia serta senantiasa sabar dalam penantian sebagaimana yang diperintahkan Dzat yang maha Rahman…

Sungguh benar seorang yang shalihah itu ialah mawar yang mekar semerbak harum mewangi hanya untuk Allah, Rabb-nya dan untuk suaminya tercinta. Adalah seorang wanita yang shalihah itu, yang istiqamah agamanya, yang senantiasa taat pada suaminya dan memelihara hak – hak suaminya yang ada pada dirinya dan pada harta suaminya. Dan adalah wanita terbaik itu seperti yang dituturkan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits berikut ini…

Dari Abu Hurairah radliyallahu’anhu berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang seorang wanita seperti apa yang paling baik…kemudian beliau bersabda,”…ialah wanita yang menyenangkan suami tatkala suaminya memandangnya, mentaati bila suami memerintahnya, dan tidak menyelisihi sesuatu yang suaminya tidak suka pada diri dan harta suaminya.” (HR. Ahmad II/251 dan An Nasa’I VI/68 )

Engkaukah wahai saudariku wanita shalihah itu…??? Engkaukah wahai saudariku, mawar elok di taman itu…??? Wahai saudariku para istri, jadilah engkau mawar – mawar dambaan dan pujaan, yang didamba oleh suamimu yang kau cintai dan dipuji oleh Ar Rahman. Seandainya bukan engkau mawar – mawar indah itu, maka seraya berdoa pada Allah…perbaikilah mereka wahai saudaraku para suami…perbaikilah istri – istrimu, dan Allah juga-lah Dzat yang akan melimpahkan taufik-Nya kepada siapa yang ia kehendaki…

Dikutip dari majalah Al Mawaddah edisi khusus tahun I, Ramadhan 1428 H untuk hadiah pernikahan saudaraku fillah Aulia Abu Hanif dengan Mukti Wijayanti.

Barakallahu laka, wa Baraka ‘alayka, wa Jama’ah baynakuma fiy khairin…


Actions

Information

22 responses

12 10 2008
aRuL

ceritanya indah banget.
sudah mendapatkan mawar itukah?

Didit Fitriawan berkata…
Belum, pak AruL…semoga Allah berikan yang terbaik kelak.

12 10 2008
mahabbahtedja

akhi…
semoga Allah membuka pintu kemudahan buat “antum dan beliau…”

menjadikannya kumbang dan mawar yang teduh di taman.
Tidak menjadikan sepasang “ikan” dan “burung” yang saling mencintai tapi tidak tahu akan hidup dimana kelak.

Didit Fitriawan berkata…
Ternyata antum masih ingat pembicaraan kita tentang “ikan dan burung” itu. Berasal dari tempat berbeda, tapi ingin hidup bersama.
Insya Allah akhi, kekhawatiran memang ada. Khawatir kehidupan kelak layaknya “ikan dan burung” yang boleh saling mencintai, tapi tak tahu harus hidup di mana…??? Namun Allah maha melihat lagi maha mendengar permintaan hambanya yang menginginkan kebaikan dalam naungannya. Itu yang membuat saya selalu optimis akan naungan-Nya.
Doakan saya akhi… Juga doakan teman antum yang lain…
Barakallahu Fiyk…

12 10 2008
Prasetyo Muchlas

Iya suami dan isteri bagaikan pakaian yang saling melindungi dan melengkapi satu sama lain. Wallohu a’lam.

13 10 2008
mahabbahtedja

insya Allah…

saya pengen menangis nih…terharu.

13 10 2008
rhainy

Dit….maaf lahir bathin ya!!!

14 10 2008
bayu200687

so, siapa nih mawar yg kelak akan dijaga oleh kang Didit?


Didit Fitriawan berkata…

Belum ada, akhi..

.

14 10 2008
ponpesalfithrahgp

Assalamualaikum Wr. Wb Salam Kenal
kalau anda dari sidoarjo, saya asli gresik
Wass. http://ponpesalfithrahgp.wordpress.com

15 10 2008
glagah.putih

bismillaahirrahman arrahiim…
assalamu’alaikum warahmatullah, salam ta’aruf sebelumya..
membaca artikel antum, jadi teringat pada seseorang yang belum allah berikan pasangan sejatinya, semoga allah berikan kesabaran yang indah kepadanya. afwan, telah lancang untuk berani berikan tulisan ini di blog antum…
sesungguhnya dirinya telah berikan kepercayaan kepada ana untuk berikhtiar sekiranya ada ikhwan sekalian yang berminat untuk memetik mawar itu ….
afwan, akhi sekali lagi……. ini adalah sebagian kekhawatiran seorang abang kepada adiknya yang belum mendapat jodohnya …
semoga ini menjadi ikhtiar yang baik, insya allah..
jika ada ikhwah fillah serius, sila call :081381954729
wassalamu’alaikum

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
Ya akhi fillah, sungguh tatkala saya membaca tulisan antum ini…saya merasa sangat tersentak dan terenyuh. Antum benar, semoga dalam masa penantiannya adik antum diberikan Allah ta’ala kesabaran yang indah yang dengannya akan Allah hadirkan seorang ikhwan shalih yang kelak akan menjaga-nya di atas sunnah. Insya Allah akhi, akan saya usahakan bantu antum dan adik antum untuk mencarikan seorang ikhwan yang bersedia memetik mawar indahnya.
Barakallahu Fiyk.
Jika ada ikhwan fillah saudaraku pembaca tulisan ini…mohon bantuan untuk akhuna Fikri. harap menghubungi no. di atas. Jazakumullah khairan…

16 10 2008
ummu abiha

Assalamu’alaikum.
sudahkah akhi menemukan mawar itu?

Didit Fitriawan berkata…
Belum ukhti…Insya Allah semoga kelak Allah pertemukan dalam kebaikan.

16 10 2008
Lusianti Aida

Assalamualaikum…

“Tiadalah diciptakan seseorang yang baik kecuali untuk orang yang baik pula…”
Sungguh tiada kecacatan pada dirimu…

Dan sungguh Allah senantiasa bersamaMu dan menjagaMu selalu.

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
Terima kasih Lusi, udah berkunjung. Kita tetaplah manusia yang cacat dan selalu berbuat salah…tidak ada kesempurnaan melainkan pada-Nya. Jazakillahu khairan.

21 10 2008
vaepink

Semoga “ikan” dan “burung” itu bisa bersatu… :) (amin…)
Bagaimana caranya ??… Itu masih Rahasia Allah, Karena klo Dia sudah berkehendak apapun akan terjadi… :)

30 10 2008
Andi Abu Naufal

semoga segera mendapatkan “ikan”nya juga ya akh.. Toh, masih banyak ikan di sekitar kita. Soalnya susah ngajarin burung menyelam… :D


Didit Fitriawan berkata…

Insya Allah akhi…jadi sunkan nieh, belum ngepost di sobat muda lagi…Insya Allah dalam waktu dekat akan saya sumbang buat sobat muda…

9 11 2008
amee_marzoeqi

hmm….
semoga mawar itu sll terjaga d dlm rumah…
seperti keinginan ayah dan bunda…
amiiin….

Didit Fitriawan berkata…
Terlebih lagi itu adalah keinginan saya.

9 11 2008
amee_marzoeqi

oia tu tadi comment pertamaquw…
setelah sekian lama….
hohohoho….
smangadh…..!!!!
semoga taun depan targetnya tercapai….
hoooo…..
peace….!!!
^_^

24 11 2008
musafir kecil

sudah lama ana baca posting yang ini
tapi afwan baru kasih komen sekarang
jazakallah khoir atas kadonya….
ana dan istri do’akan semoga antum segera menyusul jejak kami :)

akhy…
kisah “ikan dan burung” itu juga pernah ana post di blog ana loh….

7 01 2009
akiko nada

sebagaimana Allah suka kepada wanita solehah, Allah juga sangat murka kepada beberapa jenis wanita. oleh itu, sangat perlu bagi kita mengetahui perkara yang boleh menyebabkan kebencian-Nya supaya kita terhindar daripada kemurkaan-Nya. Abdullah bin Umar meriwayatkan bahawa Nabi Muhammad s.a.w bersabda: “kalau seandainya apa yang ada di muka bumi ini merupakan emas dan perak serta dibawa oleh seorang wanita ke rumah suaminya. kemudian pada suatu hari dia terlontar kata-kata angkuh,”Engkau ini siapa? Semua harta ini milikku dan engkau tidak punya harta apa pun.” Maka terhapuslah semua amal kebaikannya walaupun banyak.

Ali r.a meriwayatkan,”Saya bersama Fatimah berkunjung ke rumah Rasulullah dan kami temui baginda sedang menangis.” Kami bertanya,”Mengapa tuan menangis wahai Rasulullah?” Baginda menjawab,”Pada malam aku di Isra’kkan ke langit, aku melihat orang sedang mengalami berbagai-bagai penyeksaan, maka apabila teringatkan mereka, aku menangis.” Saya bertanya lagi,”Wahai Rasulullah apakah yang tuan lihat?”

Baginda bersabda:

1) Wanita yang digantung dengan rambutnya dan otak mendidih.

2) wanita yang digantung dengan lidahnya dan tangannya dipaut dari punggungnya sedangkan aspal yang mendidih dari neraka dituangkan ke kerongkongnya.

3) wanita yang digantung, diikat kedua-dua kaki dan tangannya ke arah ubun-ubun kepalanya serta dibelit di bawah kekuasaan ular dan kala jengking.

4) wanita yang memakan badannya sendiri serta bawahnya tampak api yang menyala-nyala dengan hebatnya.

5) wanita yang memotong badannya sendiri dengan gunting dari neraka.

6) wanita yang bermuka hitam dan memakan ususnya sendiri.

7) wanita yang tuli, buta dan bisudalam peti neraka sedang darahnya mengalir dari rongga badannya (hidung,telinga,mulut) dan badannya membusuk akibat penyakit kulit dan lepra.

8 ) wanita yang berkepala seperti kepala khinzir dan keledai yang mendapat berjuta jenis seksaan.

7 01 2009
akiko nada

maka berdirilah Fatimah seraya berkata,” Wahai ayahku, cahaya mata kesayanganku,ceritakanlah kepadaku apakah amal perbuatan wanita-wanita itu?” Rasulullah s.a.w bersabda,” Wahai Fatimah, adapun tentang:

1) wanita yang digantung dengan rambutnya kerana dia tidak menjaga rambutnya (di jilbab) di kalangan lelaki.

2) wanita yang digantung dengan lidahnya kerana dia menyakiti hati suaminya dengan kata-kata.

3) kemudian, Nabi s.a.w bersabda,”Tidak seorang pun wanita yang menyakiti hati suaminya melalui kata-katanya kecuali Allah akan membuat mulutnya kelak di hari kiamat, selebar 70 zira’ kemudian akan mengikatnya di belakang lehernya.

4) adapun wanita yang digantung dengan kaki dan tangannya itu kerana dia keluar rumah tanpa izin suaminya, tidak mandi wajib dari haid dan nifas.

5) adapun wanita yang memotong badannya sendiri dengan gunting dari neraka kerana dia suka menonjolkan diri(ingin terkenal) di kalangan orang yang banyak dengan maksud supaya orang melihat perhiasannya dan setiap orang jatuh cinta kepadanya kerana melihat perhiasannya.

6) adapun wanita yang diikat kedua-dua kaki dan tangannya sampai ke ubun-ubun dan dibelit oleh ular dan kala jengking kerana dia mampu mengerjakan solat dan puasa. tetapi dia tidak mahu berwuduk dan tidak solat serta tidak mahu mandi wajib.

7) adapun wanita yang kepalanya seperti khinzir dan badannya seperti keldai kerana dia suka mengadu-domba (melaga-lagakan orang) serta berdusta.

8 adapun wanita yang berbentuk seperti anjing kerana dia ahli fitnah serta suka marah-marah kepada suaminya.

Semoga Allah memberi kita kekuatan untuk mengamalkan kebaikan dan meninggalkan keburukan. kalau kita tidak berasa takut atau rasa perlu berubah, maka kita kena khuatir, takut kita tergolong dalam mereka yang tidak diberi petunjuk oleh Allah. Na’uzubillahi min zalik.

29 01 2009
alhumairoh

hmmm.. siapa sih yang tidak mau menjadi mawar?
semoga diri ini bisa menjadi mawar yang mempesona sesuai dengan tuntunan ALLAH dan RasuL-NYA..

10 03 2009
roseofsalsabila

subhanallah, tulisan yang bagus…
bolehkah saya kutip di blog saya?

Didit Fitriawan berkata…
Boleh.

11 03 2009
roseofsalsabila

syukron… :smile:

12 03 2009
^^Mawar Terindah di Taman Hati^^ « Rose Of Salsabila ™

[…] Dikutip dari sini […]

13 03 2009
qanitah

Subhanallah…jazakumullah khair sudah mengingatkan kami para muslimah untuk terus berusaha menjadi mawar terindah bagi suami.
Namun memang layak bila isteri salihah ganjarannya adalah surga, karena butuh perjuangan lho untuk bisa menundukkan ego kita untuk kemudian ta’at kepada suami (bagi akhwat yang telah menikah pasti bisa merasakannya) bagaimana dulu ketika sebelum menikah kita biasa melakukan ini dan itu sekehendak hati, dan kini setelah menikah maka ada kewajiban-kewajiban yang harus dijalankan sebagai seorang isteri, ada permintaan ijin dari suami ketika kita hendak melakukan ini dan itu, singkatnya: ada seseorang yang harus dita’ati, benar-benar sebuah perjuangan untuk menjadi isteri yang qanitah dan hafidzah, karena itu tidaklah heran jika Allah membalasnya dengan Jannah.
Ana ijin copy artikelnya ya..barakallahu fik

Didit Fitriawan berkata…
Monggo, silahkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: