Apakah Hidup-mu telah Bertauhid…??? (4) -habis-

12 08 2008
Kemanakah Kita Melangkah...???

Kemanakah Kita Melangkah...???

A. MUSUH-MUSUH TAUHID

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh. Yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin. Sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” (QS. Al-An’am: 112)

Di antara hikmah dan kebijaksanaan Allah adalah menjadikan bagi para nabi dan du’at tauhid musuh-musuh dari jenis setan-setan jin yang membisikkan kesesatan, kejahatan dan kebatilan kepada setan-setan dari jenis manusia. Hal itu untuk menyesatkan dan menghalangi mereka dari tauhid yang merupakan dakwah utama dan pertama para nabi kepada kaumnya.

Sebab tauhid merupakan asas penting yang di atasnya dibangun dakwah Islam. Anehnya, sebagian orang berasumsi, dakwah kepada tauhid hanya akan memecah belah umat. Padahal justru sebaliknya, tauhid akan mempersatukan umat. Sungguh namanya saja (tauhid berarti mengesakan, mempersatukan) menunjukkan hal itu.

Adapun orang-orang musyrik yang mengakui tauhid rububiyah, dan bahwa Allah pencipta mereka, mereka mengingkari tauhid uluhiyah dalam berdo’a kepada Allah semata, dengan tidak mau meninggalkan berdo’a kepada wali-wali mereka. Kepada Rasulullah yang mengajak mereka mengesakan Allah dalam ibadah dan do’a, mereka berkata:

“Mengapa dia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan.” (QS. Shaad: 5)

Tentang umat-umat terdahulu Allah berfirman:

“Demikianlah tidak seorang rasul pun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengata-kan, ‘Dia itu adalah seorang tukang sihir atau orang gila.’ Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu. Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas,” (QS. Adz-Dzaariyaat: 52-53)

Di antara sifat kaum musyrikin adalah jika mereka mendengar seruan kepada Allah semata, hati mereka menjadi kesal dan melarikan diri, mereka kufur dan mengingkarinya. Tetapi jika mendengar syirik dan seruan kepada selain Allah, mereka senang dan berseri-seri. Allah menyifati orang-orang musyrik itu dengan firmanNya:

“Dan apabila hanya nama Allah saja yang disebut, kesallah hati orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, dan apabila nama sesembahan selain Allah yang disebut, tiba-tiba mereka bergirang hati.” (QS. Az-Zumar: 45)

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

“Yang demikian itu adalah karena kamu kafir apabila Allah saja yang disembah. Dan kamu percaya apabila Allah diperseku-tukan. Maka putusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Mahatinggi lagi Mahabesar,” (QS. Ghaafir: 12)

Ayat-ayat di atas meski ditujukan kepada orang-orang kafir, tetapi bisa juga berlaku bagi setiap orang yang memiliki sifat seperti orang-orang kafir. Misalnya mereka yang mendakwahkan dirinya sebagai orang Islam, tetapi memerangi dan memusuhi seruan tauhid, membuat fitnah dusta kepada mereka, bahkan memberi mereka julukan-julukan yang buruk. Hal itu dimaksudkan untuk menghalangi manusia menerima dakwah mereka, serta menjauhkan manusia dari tauhid yang karena itu Allah mengutus para rasul.

Termasuk dalam golongan ini adalah orang-orang yang jika mendengar do’a kepada Allah hatinya tidak khusyu’. Tetapi jika mendengar do’a kepada selain Allah, seperti meminta pertolongan kepada rasul atau para wali, hati mereka menjadi khusyu’ dan senang. Sungguh alangkah buruk apa yang mereka kerjakan.


Actions

Information

8 responses

12 08 2008
ghaniarasyid™

Subhanallah, teguran untuk kita yang mungkin masih berada dalam jalur kemusyrikan :(
Ada baiknya di seri penutup ini ada kesimpulan atau kata-kata ending, akhi :)

Iya akhi, antum benar. Barakallahu Fiyka…

12 08 2008
mahfuzhoh

Subhanallah…lagi semangat bgt nih kayaknya.
Padahal baru sembuh. Subhanallah…

Alhamdulillah ukhti…

12 08 2008
achoey sang khilaf

subhanallah sobat
ini blog pencerahan

semoga lebih banyak lagi sahabat yang berknjung dan membaca

Amiiin, doakan kami selalu akhi…

12 08 2008
ariefdj

:roll: ..wah.. emang ada ya orang Islam yang meminta pertolongan kepada rasul atau para wali?

Ada, bahkan banyak mas. Antum tahu kuburan wali? Itu tempat utama mereka memohon pertolongan pada wali….

12 08 2008
azkaa,,

Subhanallah. ini baru blog yang memang didedikasikan untuk mengalirkan manfaat. makasih atas keikhlasannya berbagi cahaya. Allah yazikal khair. ^^

Jazakallahu khairan…akhi! barakallahu Fiyka…

12 08 2008
uvi07

assalamu’alaikum
ia benar akhi, lagian nih bulan sya’ban, mereka pada kunjungi kuburan para wali…mereka jadikan wasilah dalam do’a mereka, na’udzubillah…
semangat…allahu akbar…

Wa’alaikumsalam warahmatullah…

Barakallahu Fiyka ya akhi…

13 08 2008
ghaniarasyid™

Akhi Didit, Azka itu akhwat…
gimana sih antum ini :mrgreen:

Wah, ‘afwan akhi…tidak tahu saya.

25 08 2008
dondi jalil

Assalamualaikum Warahmatullah

Alhamdulillahi rabbil alamin,.. (kutemukan lagi satu lagi blog yang menyejukkan,.. keep on,.. Teruskan judul di atas,.. demikianlah perintahNya,.. atau buat judul yang senada tentang itu)


Wa’alaikumsalam warahmatullah…

barakallahu Fiyka akhi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: