JALAN YANG HARUS KU PILIH…

17 07 2008
Jalan Selamat

Jalan Selamat

Saudaraku yang menyempatkan waktu untuk membaca tulisan ini, semoga kalian selalu dirahmati Allah dan diberi-Nya petunjuk di atas ilmu…

Saudaraku…sungguh dalam kehidupan sebagai manusia, kita akan selalu dihadapkan pada sebuah kata di setiap tindak – tanduk kita. Yaitu sebuah kata yang harus dilalui setiap terhadang olehnya. Ya… kata itu adalah PILIHAN. Hidup ini adalah rangkaian penuh pilihan. Apa yang harus dipilih…??? Hampir setiap apa yang akan kita lakukan dan perbuat adalah pilihan.

Sebagai contoh, mulai bangun tidur kita sudah dihadapkan dengan pilihan. Kita harus memilih, bangun tidur lebih pagi kemudian shalat subuh di masjid ataukah kita memilih bangun tidur agak siang kemudian shalat subuh di rumah. Kemudian setelah itu kembali kita akan dihadapkan dengan pilihan. Setelah shalat subuh kita melanjutkan tidur ke alam mimpi atau beraktifitas/belajar serta sejenisnya. Dan hal ini berlangsung secara terus – menerus dengan menghadirkan PILIHAN yang harus kita tentukan di setiap hari yang kita lalui.

Tak terkecuali dalam menjalankan agama…kita seringkali dihadapkan pada beberapa pilihan dalam agama kita yang mulia ini. Alhamdulillah kita haturkan rasa syukur kepada Allah yang telah memilihkan islam sebagai agama kita diantara beberapa agama yang ada. Namun, tidak cukup hanya sampai di sini. Ternyata di dalam islam-pun kita akan dihadapkan pada sebuah pilihan. Yang mana pilihan ini akan mengantarkan kita ke jalan SYUKUR atau ke jalan KUFUR… Menghantarkan ke jalan MAHABBAH atau ke jalan MURKA… Serta menghantarkan ke jalan SURGA atau ke jalan NERAKA…

Nabi yang mulia Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menasehatkan pada kita…

“Dari Abu Hurairah ia berkata : “Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ”Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan atau 72 (tujuh puluh dua) golongan dan Kaum Nashrani telah terpecah menjadi 71 (tujuh puluh satu) golongan atau 72 (tujuh puluh dua) golongan dan ummatku akan terpecah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan”. (HR. Abu Dawud dlm buku Kitabus Sunnah, bab Syarhus Sunnah IV : 197-198 nomor hadits 4596)

Saudaraku…yang harus digarisbawahi adalah bahwa Allah dan Rasul-Nya lebih tahu daripada kita. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan bahwa umatnya akan mengalami perpecahan dan perselisihan dan akan menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan,semuanya ini telah terbukti.

Yang harus digarisbawahi lagi bagi kita sekarang ini ialah berusaha mengetahui tentang ciri – ciri jalan golongan yang sesat agar kita bias menghindari mereka dan juga ciri-ciri golongan yang selamat agar kita bias mengikuti mereka berdasarkan Al-Qur’an, Petunjuk2 Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih dan penjelasan para shahabat nabi –radliyallahu’anhum- dari kalangan salaf yang shalih agar kita bisa memilih jalan yang selamat serta terhindar dari kelompok-kelompok sesat yang kian hari kian berkembang.

Untuk ciri2 jalan yang selamat, Insya Allah ke depan akan kami bawakan penjelasan dari guru kita dari Tanah Haram Saudi Arabia yaitu Asy Syaikh Muhammad Ibnu Jamil Zainu –semoga Allah menjaga beliau- yang diambil dari buku beliau Al Firqah an Najiyyah. Semoga dimudahkan Allah Ta’ala…

Allahua’alam


Actions

Information

10 responses

17 07 2008
Ridzky

Ke manakah ana harus melabuhkan jalan kehidupan ana? Akankah kepada jalan yang salah ataukah jalan yang pebuh dengan sunnah???

Ya Rabb, tunjukkanlah kami kepada jalan yang pernah dilalui para hamba-Mu yang shalih dari kalangan salaf yang shalih…

Amiiin

17 07 2008
mahfuzhoh

Alangkah indahnya hidup ini jk semua manusia berada dalam naungan peyunjuk-Nya karena kan segera diketahui jalan mana yg kan mjd PILIHAN bagi nya.
Tapi…
Tahukah, seberapa sulitnya itu ????

Sangat sulit saudaraqu…
terkadang pilu, gundah, dan air mata menghantar jalannya
Sungguh, sangat2 tak mudah !!!
Mohon do’anya yach….semoga kedepan kan lebih dimudahkan

Jazakallah Khoir atas nasehatnya…

Waiyyaki khairul jaza…ya ukhti.

17 07 2008
arief_dj

..hidup memang penuh pilihan, dan yang namanya pilihan, bisa benar, bisa salah, sehingga kita di-wajibkan utk sering minta petunjuk, minimal 17 kali setiap 24 jam agar selalu di-tunjuki jalan yang lurus..

Benar ya saudaraku arief_dj… Semoga kita diberi-Nya hidayah at taufiq.

17 07 2008
mahabbahtedja

akhi…ridzky nanda kok jadi mengharu biru gitu ya?
semoga kalimat itu dari kata hatinya yang paling dalam.
salam untuk beliau…ojo panggah narutoan ae.

iya, insya allah nanti saya sampaikan akhi…barakallahu fiyk…

20 07 2008
nadiYYah

banyak jalan mnuju roma, hanya ada satu jalan mnuju surga. jazakallah khayran.

Waiyyaki ya ukhti…

20 07 2008
presty larasati

ditunggu dengan sangat penjelasan tentang ciri jalan yang selamat…
:)

semoga kita bisa memilih jalan itu….

Amiiin…semoga Allah memberi kemudahan bagi penulis untuk memberikan tulisan itu…Ditunggu saja ukhti…

21 07 2008
achoey sang khilaf

jalan lurus seharusnya yang kita pilih
tapi godaan kanan dan kiri
iniah yang menyulitkan keistiqomahan manusia

21 07 2008
ahsinmuslim

hidup ini ibarat mengarungi samudra yang luas
yang kita tak tahu mana timur dan barat.
untuk bisa sampai ke tujuan, kita butuh alat petunjuk, yaitu sebuah kompas.
agar kita tidak tersesat.
nah, kompas kita tuk mengarungi samudra kehidupan ini terjelma dalam sebuah kitab yang di beri nama Al Qur’an.
dengannya lah niscaya kita akan selamat. Insyaallah

antum benar akhi…! Semangat…!

24 07 2008
Sadat ar Rayyan

Salah satu tanda golongan yang selamat adalah jumlah yang sangat sedikit di tengah banyaknya umat manusia. “Keuntungan besar bagi orang-orang yang asing. Yaitu orang-orang shalih di lingkungan orang banyak yang berperangai buruk, orang yang mendurhakainya lebih banyak daripada orang yang menta’atinya.” (HR. Ahmad, hadits shahih) ” Bahkan terkadang dihina, difitnah dan dilecehkan.

25 07 2008
awisawisan

assalaamu’alaykum…

alhamdulillaah, sudah dibaca, akh..
syukron..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: