Sekuntum bunga yang kau berikan…

24 06 2008

Kapan ya...???Di sebuah gedung, terlihat beberapa kuntum bunga melati dan mawar yang dirangkai dengan rapi. Tampak sejumlah lelaki dengan wajah berseri – seri di suatu sisi. Di balik tirai pemisah (hijab) yang putih, sepintas tampak sejumlah wanita yang santun dengan untaian jilbab panjangnya, tampak pula sejumlah wanita yang terjaga dibalik cadarnya…

Sungguh, suasana yang mendamaikan jiwa, telah terlewati dengan meniggalkan jejak harapan dan janji…

Ya, tepat pada tanggal 22 Juni 2008 pukul 10.30 WIB, penulis bersama akhi (saudaraku) Adhy al Atsary dating menghadiri resepsi saudara dan saudari kami yang telah mengikat janji dalam sebuah bingkai tuntunan ilahi…Di sana terlihat kerumunan anak kecil yang berlari ke sana dan ke mari, rasanya menentramkan hati…Saat melihat wajah mempelai laki – laki, tampak rona wajah yang berseri, Namun saat melihat diri sendiri…aduh, tampaklah hati yang tak pasti…sepi dan sunyi…(kapan saat indah itu datang ya…?)

Berawal dari acara inilah, penulis ingin menggoreskan pena untuk hadiah terindah kepada akhi dan ukhti yang telah menikah, untuk motivasi pribadi bagi penulis serta untuk saudaraku pembaca tulisan ini semua agar segera menghiasi dunia dengan menikah. Mengapa dunia akan indah dengan menikah…??? Karena…

1. Menyempurnakan Agama Kita

Nabi panutan kita shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Barang siapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi”. (HR. Ath. Thabrani dan Al Hakim). Subhanallah, jadi selama belum menikah, maka agama kita tak pernah sempurna…

2. Menentramkan Hati dan Menenangkan Pandangan

Sebagai pemuda yang santun dan bersahaja, pastilah kita akan merasa gundah saat melihat maupun terlihat (tak sengaja melihat) seorang wanita, apalagi jika wanita itu elok wajahnya,maka hati ini akan pedih tak terobati hingga kita menikah. Mengapa demikian…? Hal ini dijawab oleh Nabi Yang Mulia shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sabda beliau, “Wahai para pemuda! Barang siapa diantara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih mudah menundukkan pandangan dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barang siapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia puasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya.”. (HR. Ahmad, Al Bukhari, Muslim, Tirmidzi)

3. Senda Gurau Yang Berpahala

Bercanda dengan seorang wanita yang telah halal bagi kita, selain menyenangkan hati kita, menentramkan hati dia, ternyata hal inipun berpahala. Dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu a’alaihi wa sallam, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (dari buku Adab Az Zifaf karya Ahli Hadits Al Albani hal 245; Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah no. 309).

4. Sedekah di Atas Cinta

Pernah ada beberapa shahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada beliau, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya telah memborong pahala. Mereka bisa shalat sebagaimana kami shalat; mereka bisa berpuasa sebagaimana kami berpuasa; bahkan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Kemudian beliau bersabda, “Bukankah Allah telah memberikan kepada kalian sesuatu yang bisa kalian sedekahkan? Pada tiap-tiap ucapan tasbih terdapat sedekah; (pada tiap-tiap ucapan takbir terdapat sedekah; pada tiap-tiap ucapan tahlil terdapat sedekah; pada tiap-tiap ucapan tahmid terdapat sedekah); memerintahkan perbuatan baik adalah sedekah; mencegah perbuatan munkar adalah sedekah; dan kalian bersetubuh dengan istri pun sedekah.”

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, kok bisa salah seorang dari kami melampiaskan syahwatnya akan mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Bagaimana menurut kalian bila nafsu syahwatnya itu dia salurkan pada tempat yang haram, apakah dia akan mendapatkan dosa dengan sebab perbuatannya itu?” (Mereka menjawab, “Ya, tentu.” Beliau bersabda,) “Demikian pula bila dia salurkan syahwatnya itu pada tempat yang halal, dia pun akan mendapatkan pahala.”

(Beliau kemudian menyebutkan beberapa hal lagi yang beliau padankan masing-masingnya dengan sebuah sedekah, lalu beliau bersabda, “Semua itu bisa digantikan cukup dengan shalat dua raka’at Dhuha.”) (dari buku Adab Az Zifaf Al Albani hal 125). Subhanallah…

5. Adanya Saling Menasehati dengan Orang Yang Dicintai

“Siapa saja yang pertama memberi contoh perilaku yang baik dalam Islam, maka ia mendapatkan pahala kebaikannya dan mendapatkan pahala orang-orang yang meniru perbuatannya itu tanpa dikurangi sedikit pun. Dan barang siapa yang pertama memberi contoh perilaku jelek dalam Islam, maka ia mendapatkan dosa kejahatan itu dan mendapatkan dosa orang yang meniru perbuatannya tanpa dikurangi sedikit pun.” (HR. Muslim, dari Buku Riyadush Shalihin Bab Orang yang pertama kali melakukan kebaikan atau kejahatan.)

Bagaimana kiranya menurut Saudara besar pahala seorang suami yang memberi contoh perbuatan yang baik bagi keluarganya dan ditiru oleh istri dan anak-anaknya? Demikian juga sebaliknya bagaimana kiranya besarnya dosa bila seorang suami jika dia memberi contoh yang jelek bagi keluarganya?

6. Seorang suami memberikan nafkah, makan, minum, dan pakaian kepada istrinya dan keluarganya akan terhitung sedekah yang paling utama. Dan akan diganti oleh Allah, ini janji Allah.

Dari Abu Hurairah radliyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Satu dinar yang kamu nafkahkan di jalan Allah, satu dinar yang kamu nafkahkan untuk memerdekakan budak, satu dinar yang kamu berikan kepada orang miskin dan satu dinar yang kamu nafkahkan kepada keluargamu, maka yang paling besar pahalanya yaitu satu dinar yang kamu nafkahkan kepada keluargamu.” (HR Muslim, Buku Riyadush Shalihin Bab Memberi nafkah terhadap keluarga).

Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash ra., ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Seseorang cukup dianggap berdosa apabila ia menyianyiaka orang yang harus diberi belanja.” (HR. Bukhari dan Muslim, Buku Riyadush Shalihin Bab Memberi nafkah terhadap keluarga).


Dan akan diganti oleh Allah, ini janji Allah

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya.” (QS. Saba’: 39).

Dari Abu Hurairah radliyallahu’anhu, ia berkata: Nabi shallallahu a’alaihi wa sallam bersabda: “Setiap pagi ada dua malaikat yang datang kepada seseorang, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang menafkahkan hartanya.” Dan yang lain berdoa: “Ya Allah, binasakanlah harta orang yang kikir.” (HR. Al Bukhari dan Muslim, Buku Riyadush Shalihin Bab Memberi nafkah terhadap keluarga).


Dan Allah-pun berjanji atas sesuatu berupa pertolongan-Nya bagi mereka yang menikah.
1. Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (Pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. An Nur: 32)

2. Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya. (HR. Ahmad 2: 251, Nasaiy, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160)

Ya Allah…izinkanlah hati kami menjemput sang bidadari dari kalangan wanita yang suci dengan pernikahan yang syar’i…

Wallahu ta’ala a’lam…



Actions

Information

32 responses

24 06 2008
nengthree

jadi pengen nikah.. :lol:

semoga didengar Allah Ta’ala ukhti…

24 06 2008
achoey sang khilaf

subhanallah ukhti
amat membuatku tergugah tercerahkan
semoga segera diriku melepaskan masa lajang ini
dengan bijak :)

Haduw …

Saya laki – laki mas achoey…Amiiin semoga doa antum dikabulkan Yang Maha Kuasa.

24 06 2008
sagung

Kapan ya ???

Berdoa saja saudaraku agar disegerakan Allah Ta’ala…

25 06 2008
ummu abdillah

akh avatarnya ko gambar bernyawa?

afwan ukhti…saya belum tahu cara ngilangin avatar. Bagi yang sudah tahu, mohon ilmunya ya…

25 06 2008
Ridzky

Masya Allah… tulisan yang bagus akhi. Memotivasi kami untuk segera menikah dan menyempurnakan agama. Namun semoga kita mengiringi pernikahan kelak dengan ilmu.

Alhamdulillah…Semoga antum dimudahkan Allah Ta’ala

25 06 2008
yanti

1/3 Al Qur’an telah mulai diamalkan…
Semoga Allah akan menjadikan keduanya pasangan yang saling memuliakan dan bersinar dijalanNYA. dan akan dihadirkan keturunan-keturunan yang sholah yang akan menjadi penyambung perjuangan para mujahid Allah dimuka bumi ini. Amin

Amiiin ya rabb al ‘alamin…

26 06 2008
nadiYYah

cincinnya bagus, ada hellokittynya ;d

Alhamdulillah…Namun keberadaan cincin itu bukan bermaksud untuk melegalkan acara tukar cincin ya…! Karena acara tukar cincin tidak dituntunkan oleh nabi kita Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

26 06 2008
ghaniarasyid™

hm…
ya :D


semoga
Allah menjadikan pasangan saya nanti yang terbaik bagi saya :D

26 06 2008
Bismillah.. Subhanallah...

Afwan..
Subhanallah ingin rasany cepat menikah..
Tapi..
Bagaimana setelah menikah dengan ikhwan sholeh,tiba tiba masa lalu ngomong dengan suami begini dan begitu..
Sebelum menikah apakah harus jujur pada calon suami tentang masa lalu.?
Jazakallahukhoir

Ukhti yang baik…tidak semua masa lalu seseorang harus diungkapkan kepada suami atau istrinya. Karena masing – masing manusia memiliki masa lalu yang terkadan jika disampaikan pada orang lain, akan menjadi aib bagi dirinya…
Namun, jika dipandang menyampaikan masa lalu pada suami/istri itu dianggap bisa memberika pelajaran yang berarti agar membuat keluarga jadi lebih baik lagi…maka dipersilahkan insya Allah. Dan dalam penyampaiannya bukan sebelum menikah, karena belum menjadi mahram-nya.
Ini bisa anti baca pada majalah AL MAWADDAH edisi Juni ’08/Jumadil Akir 1429 H

Wallahua’alam

26 06 2008
The spirit of sunnah

Bismillah..
assalamu’alaikum
menikah pastilah diidam_idamkan banyak orang …laki-laki maupun perempuan..
Bilamana seorang akhwat telah menikah dengan ikhwan shaleh..hidup bahagia ketika pulang kampung tiba-tiba mantan pacar pada masa lalu muncul dihadapan berkata begini dan begitu pada suami..maka terjadilah pertengkaran..sebelum menikah apakah kejadian masa lampau harus diceritakan..

Teruskan dakwah akhi…
The spirit of sunnah.!

Jazakallahu khoiran jaza’
wassalamu’alaikum

Wa’alaikumsalam warahmatullah…

Waiyyaki khairul jaza’…

Untuk hal ini anti bisa membaca di majalah AL MAWADDAH edisi Jumadil Akhir 1429H / Juni ’08. Semoga anti mendapatkan jawaban yang tepat darinya.

Semoga kita bisa istiqamah di jalan dakwah ini saudariku…
..

29 06 2008
mahabbahtedja

assalamu’alaikum

Aaarrrggghhhh…..
perasaan ini datang lagi setelah baca artikel antum.

2 07 2008
afraafifah

iya saya juga mau komentarin cincinnya *loh?

cincin kawin koq hello kitty yah ^_^

ya Allah…smg kita smua dimudahkan dalam proses menuju kesana… “pernikahan”

Yang penting bukan cincin-nya ukhti, tapi ilmu dan amalnya untuk menikah… ^_^

2 07 2008
Fitriawan

Tapi ada kan cincin yang gambarnya hello kitty? Tapi lucu juga ya…

Tapi yang penting bukan gambar cincin atau cincin-nya, yang penting adalah ilmu dan pengamalannya…

salam untuk semua…

4 07 2008
The spirit of sunnah

Ketika berkhayal tentang pernikahan.
Saat itulah keinginan muncul.
Subhanallah…akhi kapan nikahnya?…andai kita tahu besok menikah bagaimana perasaan hati dan jiwa.,wah pasti……
Menikah adalah sesuatu yang indah…

Aduh…ditanya nikahnya kapan??? Masya Allah…hanya Allah yang tahu. Namun semoga disegerakan olehNya dalam naungan Ilmu dari Alquran dan Sunnah dengan pemahaman para shahabat…

4 07 2008
rahma

assalamualikum,
aduh mengenai hal pernikahan,mengenai kewajiban yg harus di capai oleh setiap manusia,saya pernah di beri tahu oleh guru saya mengenai ijab, dan hal itu jujur saja membuat saya merinding abizzzzzzzz
karena pada saat pengantin pria ijab bukan saja dy di saksikan oleh para keluarga tetapi para malaikat di penjuru dunia pun menjadi saksi atas pernikahan tersebut!!!
spektakuler sekali, penikahan bisa di hadiri oleh para malaikat, dan akhrnya pun saya mengerti kenapa pernikahan itu sangat2 beuty!!!!!!
kalau mengenai cincin aduuuuuuuhhhhhh, cincin itu merupakan simbol saja!!!
tapi kalau boleh jujur enak nya punya cincin yg bagian luarnya tertulis nama pasngan kita!!!biasa nya cincin tu memuat tulisan nama pasngan kita di bagian lingkar dalam, kenapa g di buat di bagian lingkar luarnya, kan lucu tu…….
wasalamualaikum

Wa’alaikumsalam waeahmatullah…

Alhamdulillah… Ehm, tentang disaksikan malaikat seluruh penjuru dunia dalilnya di dapat dari hadits nabi atau ayat al quran ya…??? Maaf, bagi yang mengetahuinya, mohon saya diberikan arahan…

5 07 2008
amee_marzoeqi

Assalamu’alaikum.
Akhun, saya mau bertanya?
Bila pernikahan tidak akan disetujui oleh orang tua karena orang tua merasa bahwa calon tidak co2k dengan keinginan beliau.
Tetapi bukan karena sifatnya,tapi hanya karena suku dan harta.
Apakah pernikahan itu masih boleh dilangsungkan tanpa restu orang tua?
Atau seorang anak hanya boleh mengikuti pilihan orang tua yang hanya memacu pada harta dan suku?
Mohon kerelaannya untuk menjawab…
Semoga jawaban akhun bisa memberi hikmah bagi semua ini…
Syukron.
Wassalam…

Wa’alaikumsalam warahmatullah…

Ukhti yang baik, saya bukanlah seorang ustadz yang berhak menjawab pertanyaan itu. Namun karena permasalahan ini pernah ditanyakan pada saat kami mengikuti kajian salah seorang ustadz kami di Surabaya…maka yang dapat kami rangkum adalah sebagai berikut:

Tidak boleh seorang gadis menikah tanpa wali atau izin bapaknya sebab ia adalah walinya yang merupakan orang yang paling tahu tentang kemaslahatan anaknya. Tetapi sebaliknya wali tidak boleh menghalangi anaknya untuk menikah dengan laki-laki yang sebanding juga shalih…Pernikahan gadis wajib dengan adanya wali, Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda:

“Tidak ada nikah kecuali dengan adanya wali.” (HR. Ibnu Majah, Al-Irwa` no. 1839)

Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam juga bersabda:

“Wanita mana saja yang menikah tanpa izin wali-walinya maka nikahnya batil, nikahnya batil, nikahnya batil.” (HR. Abu Dawud no. 2083)

Namun jika wali wanita menolak karena disebabkan oleh suku atau harta, maka hendaknya sang anak menasehati wali tersebut dengan lemah lembut, menasehati wali tersebut dengan alquran dan as sunnah dengan benar. Diberikan pentingnya pemahaman tentang pernikahan yang syar’i sesuai dengan tuntunan islam…
Salah satunya bisa difahamkan dengan hadits ini…

“Jika datang kepadamu seseorang baik agama dan amanahnya yang (meninang anakmu), maka kawinkanlah, jika tidak engkau (nikahkan) pasti akan terjadi fitnah dan bencana besar di muka bumi”. (HR. Ibnu Majah)

Semoga bisa diambil manfaatnya…

6 07 2008
amee_marzoeqi

Assalamu’alaikum.

Syukron akhun…
InsyaAlloh ne bermanfaat.
amiin…
kpn2 tny2 lg gpp ya?

Wassalam…

11 07 2008
mahfuzhoh

Assalamu’alaykum

Subhanallah…!!!
Akh, ana baru sadar da artikel ini
bagus :) Semoga kembali memotivasi diri

Tapi, kapan yach…??? He..he…
Semoga Qt disini & semua saudara2 lainnya disegerakan dan dimudahkan oleh Allah

13 07 2008
fathimah

semoga anta,,,, simudahkan untuk egera menikah…..

apakah benar anta saudaranya devi????

Iya benar, ukhti…

saya kakak sepupunya Devi…salam untuk adik saya ya…!

14 07 2008
salman^007

Asslamualaykum…

misi…numpang liat-liat ya!!

Wa’alaikumsalam warahmatullah

Liat and baca ya…

16 07 2008
arrum

assalamu’alaikum
wah, postingannya ngasih pencerahan ni. mudah2an yg sedang mencari/menunggu diberi kemudahan & kesabaran yups!

23 07 2008
endahyangindah

masalah jodoh dan pernikahan memang jadi bahasan hot yah dimana-mana. smoga jodoh itu datang pada waktu yang tepat…

22 08 2008
atta

HEHEHE,,,

AQ NERTAWAKAN DR AQ SENDIRI…

sedih….

ketika aq aq pernah ngmng suatu janji yang insallah pasti…

dia pergi….

ya rabb,, kembalikan dia…

baby tiger still waitin u…

just u..
only u..
and, always u..

dedicated My dealova

17 09 2008
Frida

Subhanallah, damai dan mencerahkan. Saya link ya blognya

Didit Fitriawan berkata…
Silahkan, semoga bermanfaat.

14 10 2008
FnD

ADA ULASAN BAGUS SEBELUM MENIKAH DISINI. INSYA ALLAH TAK TERTUNDA LAGI NIAT BAIK INI. aSSALLAMMUALAIKUM.

5 11 2008
» Mawar Kehidupan My Blog

[…] Sekuntum bunga yang kau berikan… […]

4 02 2009
nizar

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh…
akhi…
sungguh satu tulisan yg sangat bermanfa’at utk muda mudi.
satu nikmat dari tulisan antum untuk di pelajari oleh pembaca smua nya…
masya allah….
sebuah tulisan yg sangat bermanfaat yg di hiasi dengan dalil2 dari kitabulloh dan hadits2 shohi…

jika antum berkenan ana mau copy tulisan antu untuk ana perluaskan di situs2 yg lain,yg isi nya 90% para muda-mudi yg masih hidup sendiri.
jazakallah utk tulisan ini…
wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh….

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuhu.
Silahkan akhi, semoga bermanfaat untuk saudara – saudara kita. Namun, mohon antum sertakan sumber link-nya ya…bisa juga antum link-kan blog sederhana ini pada web antum nanti. Barakallahu fiykum akhuna Nizar…

24 02 2009
ZAHRA

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
salam kenal!
Artikelnya bagus banget akhi.jadi pengen cepet2 nikah nih.
btw ana mo tanya,boleh g kalo mngharapkan seseorang untuk jadi calon pasangan kita nanti??mohon penjelasannya ya akh.
jazakumullah khoir.
wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuhu.
Salam kenal juga mbak. Semoga bermanfaat.
Insya Allah boleh. Asalkan anti lakukan dengan cara – cara yang baik serta selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan jodoh dengan dia. Namun tetap tanamkan dalam hati bahwa, jodoh tetap ada di tangan Allah ‘azza wa jalla.
waiyyaki ahsanal jaza’

14 05 2010
azzaam

sebentar lagi atas izin Allah saya akan menikah, tulisan ini membuat hati saya semakin sejuk, senang, bahagia dan nyaman..
Terucaplah rasa syukur yang besar terhadap calon istri saya dan keberkahannya..
Terima kasih :)

21 08 2010
bismillah

barokallohu laka…^^

31 07 2011
Ummu Imad

Subhanallah.. afwan, ijin share ya.. tuk ponakan dan ‘4 permata kami tercinta’.
Smg Allah mudahkan urusan antum..

31 07 2011
Ummu Imad

Afwan, koq blog antum d copy banner ga bsa y.. Jd ana buat catatan aja dg mencantumkan blog antum tp ga bsa d buka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: