Ayah… “Ahlus Sunnah itu siapa sih???”

12 06 2008

Jabat tangan dunk...Seorang anak bertanya kepada ayahnya, tentang seorang pembina ROHIS sekolah di SMA-nya yang dengan penampilan rapi akan busana muslimnya, berwibawa dengan lihyah-nya(rambut di dagu), bersih dengan celana-nya yang di atas mata kaki, serta wajah yang berseri – seri terhiaskan senyuman. Ya, seorang pembina baru itu datang untuk memberikan acara menarik yaitu diskusi dan sharing syar’I bagi muda – mudi. Kemudian dengan penuh kesantunan, Pembina itu menjelaskan, “adik – adikku yang baik…dalam beragama, kita harus mengikuti AHLUS SUNNAH WAL JAMAAH?”

Nah loh, mungkin saja tidak hanya anak itu yang tidak tahu “ahlus sunnah wa al jama’ah”, mungkin kita sendiri juga belum tahu. Sedangkan di tempat lain ada sebuah pepatah, “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG”. Nah, mari kita telusuri jawaban apa yang didapatkan anak tersebut dari ayahnya…

Ahlus Sunnah wal Jamaah terdiri dari kata Ahli as Sunnah dan Jama’ah. Yang dimaksud “As-Sunnah” menurut para Imam yaitu : “Thariqah (jalan hidup) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dimana beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para shahabat berada di atasnya. Yang selamat dari syubhat dan syahwat”, oleh karena itu Al-Fudhail bin Iyadh mengatakan : “Ahlus Sunnah itu orang yang mengetahui apa yang masuk ke dalam perutnya dari (makanan) yang halal”. ( termaktub dlm buku Syarhus Sunnah No. 51 dan Hilyatul Auliya’ 8:1034)

Kemudian Imam Ibnu al Jauzi –rahimahullah- mengatakan, “….. Tidak diragukan bahwa Ahli Al Quran dan Hadits pengikut jejak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan jejak para shahabatnya, mereka itu Ahlus Sunnah”. (Talbis Iblis oleh Ibnu al Jauzi hal.16 dan lihat Al-Fashlu dari Ibnu Hazm 2:107).

Jadi, ahlus sunnah adalah orang yang mengikuti sunnah beliau dan para sahabatnya…

Sedangkan jamaah adalah sebagaimana dijelaskan oleh Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud –radliyallahu’anhu- berikut ini…

Rasulullah membuat satu garis dengan tangannya lalu bersabda “ini jalan Allah ‘Azza wa Jalla yang lurus”, lalu beliau membuat garis-garis dikanan kirinya, kemudian bersabda, “ini adalah jalan-jalan yang sesat tak satupun dari jalan-jalan ini kecuali didalamnya terdapat setan yang menyeru kepadanya.” Selanjutnya beliau membaca firman Allah ‘Azza wa Jalla, “dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus maka ikutilah dia janganah mengikuti jalan-jalan (yang lain) karena jalan itu menceraiberaikan kamu dari jalan-Nya yang demikian itu diperintahkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla kepadamu agar kamu bertaqwa (Qs. Al-an’am153)”. (Hadits shahih riwayat Ahmad dan Nasa’i).

Kemudian beliau menjelaskan lagi, “Al-Jama’ah adalah yang mengikuti kebenaran walaupun engkau sendirian.” ( dlm buku Al-Baa’its ‘alaa Inkaaril Bida’ wal Hawaadits hal. 91-92)

Jadi, Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah orang yang mempunyai sifat dan karakter mengikuti Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menjauhi perkara-perkara yang baru dalam setiap sisi dalam agamanya… Allahua’alam…

Dicuplik sebagian dari tulisan Al Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawwas –hafidzahullah-


Actions

Information

One response

13 06 2008
Health Articles

semoga tulisan Anda bermanfaat :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: