Manfaat Sari Kedelai Yang Terlupakan

11 02 2010

sari_kedelai

sari_kedelai

Sudah tahukah teman – teman dengan susu kedelai / sari kedelai? Banyak sekali kandungan gizi yang ada di dalamnya. Namun, banyak juga yang menyepelekan tumbuhan kecil ciptaan Allah ta’ala ini. Susu kedelai mengandung protein, lemak nabati, karbohidrat, serat, vitamin (A, B1, B2, E, K), mineral, polisakarida (gabungan dari monosakarida (glukosa)), isoflavon (salah satu jenis flavonoid yang dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit, zat anti tumor/kanker), HDL (kolesterol baik), kalsium, dan asam amino. Susu kedelai tidak mengandung kolesterol LDL (kolesterol jahat), sedangkan susu sapi mengandung kolesterol LDL. Mutu proteinnya pun hampir sama dengan susu sapi. Apa saja manfaat lain dari sari kedelai ini…?

Untuk anak balita minum dua gelas susu kedelai setiap hari sudah dapat memenuhi 30% dari total kebutuhan protein per hari dan pada dasarnya terdapat dua macam susu kedelai yaitu cair dan bubuk,  tidak ada perbedaan diantara keduanya, karena kandungan gizi dan vitaminnya sama. Berikut kami kutipkan tabel informasi gizi yang bisa diperoleh dari kedelai:

Tabel Komposisi Susu Kedelai Cair dan Susu Sapi Tiap 100 Gram

Komponen Susu Kedelai Susu Sapi
Kalori (Kkal) 41,00 61,00
Protein (g) 3,50 3,20
Lemak (g) 2,50 3,50
Karbohidrat (g) 5,00 4,30
Kalsium (mg) 50,00 143,00
Fosfor (g) 45,00 60,00
Besi (g) 0,70 1,70
Vitamin A (SI) (penglihatan dan pertumbuhan tulang) 200,00 130,00
Vitamin B1 (tiamin) (mg) (reaksi tubuh penghasil energi) 0,08 0,03
Vitamin B2 (metabolisme protein dan karbohidrat yang normal serta memelihara membran mucus) Ada Ada
Vitamin B12 (pertumbuhan sel darah dan berfungsinya sel otak) Tidak ada Ada
Vitamin C (mg) (pertumbuhan/pemulihan tisu dan saluran darah berfungsi normal) 2,00 1,00
Vitamin E (anti oksidan, proses reproduksi) Ada Ada
Vitamin K (pembekuan darah normal) Ada Ada
Air (g) 87,00 88,33
Isoflavon (anti kanker) Ada Tidak ada
Kolesterol HDL (baik) Ada Ada
Kolesterol LDL (jahat) Tidak ada Ada

Berikut ini ada beberapa penyakit akibat mengkonsumsi susu sapi:

  1. Autis: 80% protein susu sapi adalah casein, casein di dalam perut dipecah menjadi peptisida casomorphine. Unsur ini menyebabkan autis karena pada urin penderita sakit jiwa dan autis mengandung beta-casomorphine-7 dalam konsentrasi yang tinggi.
  2. Anemia: konsumsi susu sapi dapat menyebabkan pendarahan usus, yang mengakibatkan turunnya hemoglobin (sel darah merah).
  3. Asma (sesak napas): 80% protein susu sapi adalah casein, casein di dalam tubuh akan menghasilkan histamine. Histamine menghasilkan lendir, jika lendir berada pada bronchiolis paru-paru maka akan menyebabkan asma.
  4. Kanker payudara: manusia dan sapi mempunyai hormon pertumbuhan insulin (IGF-I) yang  sama, hormon ini dipercaya sebagai sumber pertumbuhan kanker payudara. Dengan meminum susu sapi semakin memacu pertumbuhan payudara yang tidak sehat dan menyebabkan kanker.
  5. Osteoporosis: meminum susu sapi tidak akan mencegah pengeroposan tulang, tetapi sebaliknya pengeroposan tulang akan dipercepat jika terlalu banyak mengkonsumsi protein dari susu sapi.
  6. Jantung: protein hewani berperan untuk memproduksi homocysteine, mengkonsumsi susu sapi lebih banyak dari mengkonsumsi daging akan menyebabkan kekurangan vitamin B, sehingga tidak dapat mengubah homocysteine menjadi produk bermanfaat. Laktose dan kalsium bersama dengan homocysteine dari mengkonsumsi susu sapi tanpa disertai lemak akan menyebabkan pengapuran pada pembuluh arteri.

Beberapa manfaat susu kedelai yang dapat diambil:

  1. Dapat mencegah/mengobati timbulnya berbagai jenis penyakit jantung, kanker, stroke.
  2. Bisa membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporosis).
  3. Memungkinkan untuk mencegah/mengobati tekanan darah tinggi dan kolesterol.
  4. Menstabilkan gula darah.
  5. Mencegah/mengobati obesitas.
  6. Mencegah/mengobati gejala maag.
  7. Mencegah/mengobati penyakit ginjal.
  8. Mencegah/mengobati gejala rematik dan asam urat.
  9. Mencegah/mengobati gejala symptom menoupause.
  10. Meningkatkan metabolisme dan sistem imun tubuh.
  11. Bisa menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan.

Diambil dari berbagai sumber majalah dan referensi. Semoga bermanfaat…

About these ads

Actions

Information

12 responses

13 02 2010
brilly el-rasheed

Bismillah, akhi kenalin ana Brilly El-Rasheed, santri baru di Ma’had At-Thaybah. Ana penulis lepas. Bulan Des dan Jan kemarin tulisan ana nongol di Majalah Ar-Risalah, Solo. Bulan ini ana nongol di Surat Pembaca Majalah Asy-Syariah. Ana demen banget sama Manhaj Salafiyyah soalnya ilmiah dan rujukannya selalu Allah dan Nabi Muhammad. Emang gitu Islam yang bener. Plus orang-orang Salafi hebat-hebat and oke punya. Ganteng and pinter.
Abi dan Ummi ana produsen Krupuk Kedelai dan ekstrak sari kedelai. Ana beruntung banget dapetin postingan akhi. Syukron katsiiiiiiir. Blognya perusahaan ortu ana sby-corporation.blogspot.com. Krupuk kedelai ana udah merambah ke supermarket-supermarket seIndonesia. Terbanyak di Surabaya.

Blog akhi yahuuuuuuud.


Didit Fitriawan berkata…

Assalamu’alaikum dik Brillie. Kapan nanti kita ketemu di ma’had thaybah ya. Kita ngobrol di sana. Oh iya, saya ngekost di Gebang Kidul 31B. Kali aja antum kapan hari mau dolan, monggo… :-)

13 02 2010
vaepink

Setelah baca artikel ini aku jadi takut mau minum susu lagi…, padahal aku kan suka banget minum susu dibanding makan… :((, mencoba beralih ke susu kedelai dech….
Makasih yah buat infonya…. :)

15 04 2010
nafida

alhamdulilah aq jd tau sekarang apa manfaat dari susu sari kedelai. aku suka banget bikin sendiri makasih ya.. buat infonya

5 06 2010
rozi679

salam..
saat ini saya menjual CD cara bertani kedelai yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
terima kasih

22 11 2010
Smile _ Happy

Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

25 02 2011
bunda azmy

assalamu’alaikum mw nnya.. Kbtulan baby saya br brusia 11 bln, kna vonis asma bronchitis dr DSA ny. Sdh mnum sufor sjk lahir. Recom ny srh gnti susu nutrilon soya, trnyt ank q g doyan.. &mw coba sufor kdele yg lain, yg sy bca proses pasteurisasi sdh mgurangi kandungn gziny. Klo konsumsi susu kdele tiap hr ny, apa bs mmnuhi kbutuhn giziny? sskali sy bikin sndiri susu kdeleny&blm prnh beli. Krn sy agk tkt jg klo bli ga murni, ada campuranny yg tktny brpngaruh negatif k anak sy. susu kdle bs tahan brp hr y d kulkas? Klo sblm d minumkan d panaskn lg, apa bs mengurangi kandungan gizinnya? Mohon jwbnny.. Syukron katsir..

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalaam warahmatullah.
‘Afwan ummu, saya tidak mengerti benar tentang sari kedelai. Ahsan ummu konsultasi langsung dengan dokter. sehingga mendapatkan kejelasan. Terima kasih dan ‘afwan sebelumnya.

8 04 2011
fitri

Apakah sari kedelai juga bisa untuk mengobati batu ginjal.

24 09 2011
Nurul

Hari raya tahun ini banyak cobaan untukku, salah satunya divonis ginjal bocor. Q lalu rajin makan semangka dn bikin susu kedelai sendiri karena terus terang q trauma ke dokter. Gimana ngolah susu kedelai yg benar ya. Trims infonya.

29 04 2012
anisa mahmudah

asslmm.. saudara saudariku…
apakah susu kedelai bisa menambah berat badan??
sudah 3 bln berat badan saya terus turun,
mhon jawabannya
trmksh.

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalaam. Coba konsultasikan dengan dokter yang ada di tempat mbak Anisa. Semoga mendapatkan jawaban terbaik nantinya.

22 12 2012
nayla

manfaat yang bisa didapatkan dari kedelai banyak sekali. Ini juga merupakan salah satu solusi makanan sehat bagi keluarga.
recomend deh
:-)

16 10 2013
Supriyatno

Wah-wah ternyata banyak sekali ya manfaat susu kedelai… jika perlu info lain seputar susu kedelai silakan klik situs ini akhi/ukhti : http://www.sarikedelaiompi.blogspot.com

6 02 2014
mahmudi

top banget dech sari dele..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: