Surat Al Waqi’ah, Memperbanyak Rizki…?

7 04 2009


Soal :

Benarkah mambaca surat Al Waqi’ah dapat melapangkan rizki? Ini banyak diyakini manusia…

Jawab :

Keutamaan surat al waqi’ah memang disebutkan di dalam banyak hadits, akan tetapi semua hadits tersebut tidak dapat dijadikan hujjah karena sebagiannya lemah, bahkan ada yang palsu. Berikut ini di antara contoh hadits tersebut…

” Barangsiapa membaca surat al waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya…”

Hadits di atas dikeluarkan oleh al Harits bin Abu Usamah dalam kitab Musnad-nya, no. 178, dikeluarkan pula oleh Ibnu Sunniy dalam kitab Amalul Yaum wal Lailah, no. 674, dikeluarkan pula oleh Ibnu lal dalam Hadits-nya, I/116, dikeluarkan pula oleh Ibnu Bisyron dalam Al ‘Amali, I/38/20, dikeluarkan juga oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dan selainnya. Semuanya berasal dari jalan Abu Syuja’ dari Abu Thoyyibah dari Abdullah bin Mas’ud radliyallahu’anhu…

Keterangan

Hadits ini lema karena dalam silsilah perowinya ada seorang yang lemah.

Al Imam adz Dzahabiy rahimahullah berkata,” Abu Syuja’ adalah seorang yang tidak jelas, tidak dikenal. Demikian juga ia meriwayatkan dari Abu Thayyibah, siapa Abu Thayyibah itu?” (maksudnya dia adalah perowi yang tidak dikenal juga)

Al Munawi rahimahullah dalam Fathul Qadir berkata,” Imam Az Zaila’I engatakan bahwa ada perowi yang riwayatnya banyak cacat dari berbagai sisi. Pertama riwayatnya terputus sebagaimana dijelaskan oleh Imam ad Daruquthni dan lainnya. Kedua isi haditsnya munkar sebagaimana dijelaskan Imam Ahmad. Ketiga para adalah orang – orang yang lemah sebagaimana dikatakan oleh Ibnu jazari. Keempat sungguh hadits ini berguncang dan telah sepakat atas kelemahan hadits ini di antaranya adalah Imam Ahmad, Imam Abu Hatim ar Razi’, putranya, Imam ad Daruquthni, Al Baihaqi dan selainnya…”

(diringkas dari buku Silsilah Adh Dha’ifah no. 289)

Kemudian hadits lainnya adalah…

” Barangsiapa yang membaca surat al waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya., dan barangsiapa setiap malam membaca Surat al Qiyamah maka dia akan berjumpa dengan Allah di hari kiamat sedangkan wajahnya bersinar layaknya rembulan di malam purnama.”

Keterangan

Hadits di atas adalah PALSU / MAUDHU’ yang dikeluarkan oleh Ad Dailami dari jalan Ahmad bin Umar al Yamami dengan sanadnya sampai Ibnu ‘Abbas radliyallahu’anhuma dan disebutkan oleh Al Imam As Suyuthi dalam Dzailul Ahadits al Maudhu’ah no. 177. Imam Ahmad berkata,” Ahmad al Yamami adalah rowi yang kadzdzab (yang suka berdusta).”

(dikutip dari buku Silsilah Adh Dha’ifah no. 290)

Diambil dari majalah AL FURQON edisi 07 th ke-8 1430H / 2009M hal. 04

PENAWARAN MURAH, KLIK DI SINI

PENAWARAN MURAH, KLIK DI SINI


About these ads

Actions

Information

120 responses

7 04 2009
senyumkusenyummu

barakallahu fiyka…

7 04 2009
l5155st™

wa fiyka barakallahu

7 04 2009
alhumairoh

berarti, apa yang dikatakan pak Dosen agama beberapa semester yg lalu dengan mewajibkan hafalan al waqi’ah agar menambah rizki, salah dong???
tapi lumayan jg c, kan jadi bisa nambah hafalan, hehe

Didit Fitriawan berkata…
Iya, salah…karena beliau pak dosen hanya berlandaskan pada hadits – hadits lemah itu.
Nambah hafalan…? Alhamdulillah…senangnya!

21 10 2009
andy

yang nambah rizki itu allah. rizki itu tdk hanya harta dan uang. iman,sehat, bahagia dll juga rizki.

11 04 2009
rismaka

Kok cara membalas komentarnya ada yg dibedain?

Didit Fitriawan berkata…
Dibedain apanya…?

31 12 2011
esti wastuti

setiap orang punya pendapat sendiri jd hargailah jng merasa pendapat anda yg benar,hak orang,blm tentu perkataan anda tidak di pertanggung jawabkan di akhirat manusia tdk ada yg sempurna bung,

19 02 2012
nikmattuloh

baik yang meyakini atau tidak itu tergantung Allah,karena Allah lah yang memberikan rezeki tersebut,,,
jika tidak mau miskin selama lamanya lebih baik di iringi dengan berdoa,berusaha dan tawkal,insya Allah berkah amien

9 07 2009
lala

trus ceramahnya ustadz yusuf arifin juga salah dong


Didit Fitriawan berkata…

Jika yang disampaikan beliau tidak sesuai dengan alquran dan sunnah yang shahih serta difahami oleh para ulama salaf, maka itu adalah salah ukhti…siapapun dia yang menyampaikan.

23 07 2009
Deddy

Tapi selama saya mengamalkan surat Al-Waqiah Alhamdulillah Rejeki saya Lancar.

27 07 2009
tia

wallahu alam bisshowaf..
apapun fadhilah-nya, membaca ayat suci al-qur’an tdk pernah ada salahnya. jika Allah menghendaki, reseki akan mengalir dengan sendirinya.

10 05 2010
ja'far

Masalahnya bukan rezeki lancar atau tidak, tapi Rasululloh bener2 melakukannya apa tidak? bukankah dalam hal ibadah, kaidahnya semua haram asal ada perintahnya…

22 08 2009
ebru ulusoy

awak sepatutnyer memberi alternative lain kepada hikmah membaca alwaqiah…
Perbuataan awk menyatakan bahawa hadith itu dan ini salah (walhal sudah ramai yang mengamalkan al waqiah atas kepercayaan sprti yg di tulis hadith yg konon di kata tidak sahih oleh anda ) menyebbkan pengamal mungkin buntu…dan rasa kecewa…!!Lalu mereka tidak MUNGKIN berhenti mengamalkannya…kerana dgn perbuatan anda YANG HANYA MENYATAKAN HADITHT2 tersebut TIDAK SAHIH DAN PALSU (So what???)..
hadith tersebut palsu (dan itu ini lah) ..
terus?adakah hanya untuk menunjukkan yang anda mengetahui apa yg ramai tidak tahu???
apa yang benar?
Apa hikmah Alwaqiah lain yang tidak palsu.???..sedang yang d nyata anda (palsu) ini lah yang paling byk di baca/dipelajari org ramai…
(yg mungkin org biasa2 tidak setinggi ilmu yang konon anda miliki).

sila beri perhatian.
terima kasih dan maaf jika saya salah,

22 11 2012
santoontas

beribadah jangan terdorong dari fadhilah / keutamaan suatu amalan tapi harus mengacu pada dalilnya sahih atau tidak. kalau memang kita bisa membuktikan hadits itu sahih kerjakan tapi kalau timbul keragu-raguan tinggalkan biar tidak jadi tersesat. jangan ngotot meyakini karena ngiler ma fadhilahnya. dikasih tahu yg baek koq ngeyel

13 02 2014
Nandang

saya setuju dengan pendapat anda

19 10 2009
Hamba Allah

ebru..ulusoy..
betul..betul..betul..

2 12 2009
dani

berarti Al Qurn Juga salah????

ngawur wae……!!!!
makanya praktek!!!!

orang tahu itu bereda denga orang yang tidak tahu

Didit Fitriawan berkata…
Bukan alqur’an-nya yang salah mas Dani. Akan tetapi yang salah adalah -hadits dha’if yang digunakan sebagai landasan keyakinan bahwa QS. Al Waqi’ah ini tidak akan miskin selamanya- inilah yang salah. Karena keyakinan itu sebenarnya bermula atau berawal dari orang – orang pemalsu hadits di zaman dahulu kemudian menyebar hingga sampai ke telinga kita sekarang. Oleh karena itu, jika hendak memohon kemudahan rizki kepada Allah ta’ala, merasa-lah cukup dengan menggiatkan shalat dhuha, banyak beristighfar kepada Allah ta’ala serta berusaha bekerja dengan giat. Man jadda, wa jadda mas…
Barakallahu Fiyk, semoga Allah memberkahimu.

2 08 2010
kusno

….-sensored-…

25 02 2011
tofe

kenapa selalu bilang palsu mas… satu ayat kita membaca surah pahala berlipat,daripada al quaran tdk pernah di baca,cuama buat pajangan saja.ayo… kita tingkatkan untuk membaca dan mnghapal surat alwaqiah.sesungguhnya allah maha mengetahui,kita cuma manusia biasa dan jagan memponis palsu

Didit Fitriawan berkata…
Bukan Surat Al Waqi’ah-nya yang palsu Pak. Tapi HADITS yang menyatakan membaca QS. Al Waqi’ah bisa mendatangkan rizki, itulah yang HADITS PALSU. Dan dalam kaidah, hadits yang derajatnya palsu tidak bisa diamalkan. Dalam hal ini, TIDAK USAH MEYAKINI BAHWA membaca QS. Al Waqi’ah akan mendatangkan rizki. Cukuplah membaca QS. Al Waqi’ah dengan mengharapkan pahala Allah semata.

28 02 2011
tofe

berarti ga ada salahnya kita mengahapal surah alwaqiqah dan membacannya.allah maha pemberi apa yg kita niatkan dan kita minta,cepat atau lambat pasti di berikan dan dari PAHALA membaca surah al waqiah itulah kita bermunajat.

11 02 2011
ronny

jangan cari mana yg salah mana yg benar…tapi niat membacanya itu untuk apa???mau kaya..tingkatkan prestasi kerja…

4 12 2009
Rizki Aji

kalo suratin rizki akan memperbanyak apa kang? hhe

Didit Fitriawan berkata…
Memperbanyak rujak, akhi… :D

5 12 2009
Agustoha

yang salah itu ambil sumbernya dari majalah Al furqon. Lebih bagus itu ngaji di pesantren kaya Lirboyo kediri. itu baru benar…………….. karena kalau ambil sumber dari majalah dipasaran itu gurunya setan. bukan manusia .

Didit Fitriawan berkata…
Astaghfirullah…saudaraku, kenapa mas Agus Toha mengatakan demikian? Kenapa mas Agus Toha menetapkan standar kebenaran itu ada di Pesantren Lirboyo, Kediri? Dan kenapa mas Agus Toha mengatakan majalah yang penuh dengan mutiara al quran, hadits2 Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih, serta perkataan para ulama’ ahlus sunnah ini, sebagai majalah pasaran? Ingatlah saudaraku, Allah akan mintai pertanggung jawaban atas lisan kita.
Sumber kebenaran BUKAN PESANTREN LIRBOYO mas, tapi ALQUR’AN & AS SUNNAH yang SHAHIH atas pemahaman as salafuna ash shalih.
Di samping itu, keliru jika anda mengatakan majalah tersebut adalah majalah pasaran serta gurunya setan. Tuduhan anda lemah. Majalah AL FURQON adalah majalah yang senantiasa menyuarakan al haq yang bersumber dari al quran, sunnah yang shahih serta memahami keduanya dengan pemahaman salafush shalih.

20 01 2010
abdii

Maksudnya, belajar agama harus dari kitab2 yang ditulis para ulama dan didampingi oleh ustadz/kyai
Orang2 pesantren beranggapan bahwa belajar dari kitab putih (buku) gurunya setan, beda dengan kitab2 kuning yg ditulis para ulama

saya ingin menambahkan tentang Al-Waqi’ah:

Ubay bin Kaab berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”

Abdullah bin Mas`ud berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya”

Imam Ja`far Ash-Shadiq meriwayatkan beberapa hadits seperti “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia”

Juga dari Imam Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husain bin Ali bin Abu Thalib meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi`ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama”

Imam Ja’far ra. berkata: “Barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah pada waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja, atau untuk mencari kebutuhan. Maka Allah Ta’ala mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah pada waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan atau kehausan, dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahannya kembali pada orang itu”. (Khazinatul Asrar Kubra, hal. 360)

Didit Fitriawan berkata…
Terima kasih atas masukannya.
Belajar agama memang harus dengan menggunakan kitab panduan yang ditulis oleh para ulama ahlus sunnah yang tsiqah dan terpercaya keistiqamahan dan wara’nya di dalam sunnah. Bukan di dalam bid’ah. Wahai saudaraku abdii, mari kita melihat bahwa tulisan yang telah kami kutipkan di atas pun berasal dari kitab para ulama’ ahlus sunnah. Lantas inikah yang dimaksud dengan diajarkan oleh setan…? Subhanallah laa quwwata illa billah.

Kemudian…
Sungguh beberapa keterangan yang telah saudara sampaikan adalah belum jelas tertera siapa periwayatnya. Siapa saja ulama’ ahlus sunnah yang menulis dalam kitab – kitab mereka tentang keshahihan riwayat ini. Adapun keterangan yang saudara tuliskan telah termaktub dalam kitab Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203 yang ditulis oleh Al Abshar seorang ulama’ sufi. Kitab ini banyak cacat padanya…
Sedangkan dua riwayat terakhir yang telah saudara tulis termaktub dalam sebuah kitab Tsawabul A’mal, hlm 117 yang dilutis oleh Ulama’ Syiah yang tidak terpercaya. Maka kepada Allah-lah kita mengadukan semuanya.

Telah cukup wahai saudaraku, hal – hal yang menyebabkan datangnya rizki Allah dengan penjelasan yang kami paparkan di atas dengan disertai dalil – dalil dari alquran dan hadits – hadits yang shahih. Semoga bermanfaat penjelasan yang singkat ini. Wallahua’lam.

19 12 2009
Zaenal

Mohon di beri solusi yg baik bagi Umat islam yg lagi kena masalah ekonomi krn dari pada mereka pergi ke DUKUN atau PERAMAL yg sdh berani beriklan di TV lebih baik baca surat Alwaqiah atau mungkin ada surat alqur’an yg lain. Kalo hanya di salahkan Saja tanpa solusi akan banyak yg lari ke DUKUN krn skrg sdh saat nya kita mengingatkan saudar muslim kita dg solusi tanpa harus menghakimi dan merasa benar sendiri.

Wassalam,

Didit Fitriawan berkata…
Terima kasih, semoga Allah ta’ala membalas mas Zaenal dengan kebaikan. Solusi atas terbukanya pintu – pintu rizki ada pada hal – hal berikut sebagaimana yang telah dijelaskan oleh ulama ahlus sunnah kita, Asy Syaikh Dr. Fadhl Ilahi, berikut ini…

a. Berinfaq
termaktub dalam sebuah ayat…
“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, niscaya Dia akan menggantinya” [QS. Saba’ : 39]
Ibnu Asyur menjelaskan,” Yang dimaksud dengan infaq di sini adalah infaq yang dianjurkan dalam agama. Seperti berinfaq kepada orang-orang fakir dan berinfaq di jalan Allah untuk menolong agama”. [dlm kitab Tafsirut Tahrir wa Tanwir, 22/221]

b. Tawakkal kepada Allah

Telah datang sebuah hadits dari Umar bin Khattab bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,” Sungguh, seandainya kalian bertawakkal kepada Allah sebenar-benar tawakkal, niscaya kalian akan diberi rizki sebagaimana rizki burung-burung. Mereka berangkat pagi-pagi dalam keadaan lapar, dan pulang sore hari dalam keadaan kenyang.”[HR. At Tirmidzi, no. 2344]

c. Bertaqwa dengan sepenuh hati

termaktub dalam sebuah ayat…
“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”
[QS. At-Thalaq : 2-3]
dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya :”Maknanya, barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dengan melakukan apa yang diperintahkanNya dan meninggalkan apa yang dilarangNya, niscaya Allah akan memberinya jalan keluar serta rizki dari arah yang tidak disangka-sangka, yakni dari arah yang tidak pernah terlintas dalam benaknya” [Tafsir Ibnu Katsir, 4/400]

d. Memperbanyak silaturrahmi
telah datang sebuah hadits dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu- bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim” [HR. Bukhari, Kitabul Adab, Bab Man Busitha Lahu fir Rizqi Bishilatir Rahim, no. 5985, 10/415]

Semoga apa yang telah dijelaskan oleh para ulama kaum muslimin di atas, bisa membuka cakrawala kita untuk bisa mendapatkan rizki yang halal dan baik. Insya Allah.

25 12 2009
Ilmy

Sy sangat besyukur ada tambahan ilmu web ini. smoga Allah membalas kebaikan anda. Tapi sy ada pertanyaan yg sejak kecil sampai skrg . Selama ini di kl di lihat Indonesia perbedaan Islam di bagi beberapa hal yg sangat klassik dan mudah di tebak baik pertanyaan maupaun jawabannya. Yaitu .
Antara Pro dan kontra membaca surat yassin & tahlill
pro Qunut dan kontra Qunut.
Mengapa tdk pernah di jelaskan latar belakang ada nya tradisi yassin di masyarakat indonesia. yg ada selama ini adalah informasi tentang bid’ah yg pro dan kontra juga .bagaimana dg kebiasaan membaca doa ketika upacara bendera, nonton TV/ Film/ Senetron, fenomena Pacaran, Face book, Chatting dll . dan hal itu tdk pernah di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Antara manfaat dan tdk nya lebih banyak mana. bahaya nya di mana dsb. itu adalah salah satu hal yg sangat membutuhkan jawaban yg obyektif, krn terus terang saja sy selama ini sangat alergi bahkan sangat takut untuk mengetahui tradisi membaca yassin krn memang tradisi dari keluarga saya yg menanamkan ke semua keluarga semenjak anak anak. Tapi kadang kadang ketika melihat di masyarakat kita yg sangat akrab dg face book, nonton TV/ Flm / sinetron, Fenomena pacaran. Tradisi berdoa ketika upacara bendera . Semua itu kan juga tdk pernah di lakukan oleh nabi Muhammad SAW. Kalo kita membandingkan dari semua itu dg membaca surat yassin kira kira mana yg harus di hilangkan ?, Jangan sampai ada kesan bahwa kalo tdk beda tdk hebat. kalo tdk bisa menyalahkan jg tdk hebat. shg semua tampil dg pendapat yg saling menyalahkan dan membenarkan . Mohon penjelasan nya krn ketika sy tanya ke bapak saya . dan bapak hanya bilang bahwa yassinan atau tradisi membaca surat yasin itu bid’ah dan beliu juga belum pernah ikut apalagi sampai mempelajarinya . Tapi ketika sy mau mencoba ikut dan mempelajari maksud yg sebenarnya tapi juga tdk berani karena takut di katakan durhaka sama orang tua.

Wassalam…


Didit Fitriawan berkata…

Alhamdulillah maz, udah mau membaca serta menerima nasehat dari para ulama’ ahlus sunnah ini. Semoga bermanfaat buat antum dan keluarga. Untuk topik yang ditanyakan maz ilmy ini sepertinya bukan pembahasan dalam hal QS. Al Waqi’ah ini sehingga belum bisa diuraikan lebih lanjut. Namun akan coba saya bantu referensi yang shahih baik dari alquran maupun dari al hadits, serta perkataan ulama’ ahlus sunnah.

2 01 2010
tika

?????????????????????????????????????????

24 02 2010
irnovian

sebaiknya kita belajar pada guru…jangan baca majalah atau buku agama lantas kita jadi paham agama…untuk belajar hadist itu susah…1 hadist saja mereka harus paham betul siapa aja perawinya dan sifat-sifatnya, lahir dimana dan belajar dimana aja…seharusnya kita mencari secara jelas tentang mereka ( bukankah Allah tlah mengancam kita di dalam AlQuran : Apabila sampai suatu berita pada mu, maka telitilah terlebih dahulu.Jangan kamu nanti menyesal)…untuk itulah kita ingin belajar seperti ulama salaf (ulama terdahulu…terutama imam 4 mazhab…dan kita tidak boleh taqlid buta dan harus belajar dari mereka semua) yang notabenenya terus belajar dengan mencari guru sehingga mereka yakin dan tidak tersesat…kita harus pny sifat thalib…jangan ada saling menyalahkan…akan tetapi pegang yang diyakini berdasarkan AlQuran dan Alhadist yang dipelajari dari guru/ulama/syekh yang betul2 ‘alim dan menjaga sunnah…segala perkataan dan perbuatan kita akan dimintai pertanggungjawaban dari Allah SWT…semoga ini bermanfaat

4 03 2010
Abu Aidil

tidak ada yang salah semua isi al qur’an itu benar/ haq, tidak ada keraguan didalamnya, jadikan bacaan al-qur’an sebagai sarana komunikasi dan ibadah kepada Allah, lalu mohon apa yang kita niatkan insya Allah kabulkan, jadi surat Al Waqiah ini sebagai sarana doa dan permohonan kepada Allah, Al qur’an adalah jalan yang terbaik ( daripada membaca jampi-jampi yang tidak jelas)

5 03 2010
Iwan

Assalamu’alaikum Wr.Wb
wah, ane sering banget tuh hbs shalat selalu mengamalkan Surat Al-Waqiah…sama membaca shalawat Nariyah 11x ba’da shalat. Tp smua urusan ane serahkan sama Allah swt. Hanya Dia-lah yg berkehendak atas segala sesuatu…yg jelas, manusia hanya bisa berusaha…!! amiin.
Wassalamu’alaikum. Wr.Wb

14 02 2012
yasifun

setujuuuu…kadang org2 yg selalu menyalahkan,dan mengkafirkan sesama justru org yg g pernah ibadah,gk pernah ngaji…kerjaannya sibuk mengkafirkan orang…

11 03 2010
ACUN

MASYA ALLAH . . . . . .

15 03 2010
Wiwinds

Mengamalkan bgus,niatnya yg ikhlas..ayt apapun yg qta bca akn mendtgkan kebaikan..aminn

20 03 2010
saiful

Assalamu’alaikum wr.wb..

Didit Fitriawan berkata…
Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakatuhu

saudara2ku se iman dan se aqidah…mari kita banyak belajar dan belajar,sehingga akan semakin memperbanyak ilmu Allah yang dapat kita ketahui dan pahami…

Didit Fitriawan berkata…
Khair Pak Saiful, anda benar. semoga Allah ta’ala menambahkan anda ilmu yang manfaaat.

menurut hemat saya ga usah terlalu memperdebatkan hal yang bukan ushul/pokok..bila benar jika hadits yang dipakai hujjah untuk fadhilah dari baca surat waqi’ah…toh kan boleh2 aja memakai hadits “dhoif ” li Fadhoil A’mal/keutamaan2 amal, yang tidak boleh itu jika hadits “dhoif ” dipakai hujjah dalam menetapkan hukum…..

Didit Fitriawan berkata…
Berbicara urusan agama, hendaknya jangan menggunakan “hemat saya” Pak Saiful, akan tetapi gunakanlah bimbingan ulama’ yang terpercaya, ahlus sunnah serta berada pada manhaj yang benar sebagaimana jalannya salafuna ash shalih.
Kemudian tentang pendapat anda yang menyatakan hadits dhaif boleh dijadikan fadhoil a’mal, itu kurang benar (SALAH) pak. Siapa yang mengatakan salah…? Imam al Bukhari, sang ahli hadits terbesar yang melarangnya. Belaiu menjelaskan bahwa,” Hadits-hadits dha’if tidak bisa dipakai secara mutlak untuk ahkaam maupun untuk fadhaa-ilul a’maal.” [Silahkan tengok kitab Qawaaidut Tahdits min Fununi Musthalahil Hadits, hal. 113, tahqiq: Muhammad Bahjah al-Baithar]
Dan Al Imam Al Albani membenarkannya dalam kitab beliau Tamaamul Minnah fii Ta’liq ‘ala Fiqhis Sunnah hal. 34, cet. Daarur Rayah, th. 1409 H
Banyak alasan yang disebutkan para ulama, kenapa hadits dhaif tidak dapat dijadikan sebagai fadhail a’mal. Di sini saya sebutkan 2 saja di antaranya adalah…

1. Hadits dha’if hanyalah mendatangkan sangkaan yang sangat lemah, orang mengamalkan sesuatu dengan prasangka, bukan sesuatu yang pasti diyakini.
Firman Allah: “Sesungguhnya sangka-sangka itu sedikit pun tidak bisa mengalahkan kebenaran.” [QS. Yunus: 36]
disamping itu…
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Jauhkanlah dirimu dari sangka-sangka, karena sesungguhnya sangka-sangka itu sedusta-dusta perkataan.” [HR. Al-Bukhari (no. 5143, 6066) dan Muslim (no. 2563) dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu]

2. Hadits dha’if itu masih meragukan, apakah itu benar – benar sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam atau bukan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tinggalkanlah apa-apa yang meragukan kamu (menuju) kepada yang tidak meragukan.” [HR. Ahmad (I/200)]

mari saudara2 kita kokohkan ukhuwah islamiyah….jangan sampai karena ketidak tahuan kita terhadap sesuatu..terus kemudian kita menganggap orang yang mengerjakan itu salah dan sesat,,seperti selama ini yang terjadi…

Didit Fitriawan berkata…
Itu tidak benar, Pak. Sejak kapan kemudian kita menuduh sesat tanpa dasar ilmu…? Bukankah tuduhan itu jika tidak ada pada orang tersebut, maka akan berbalik kepada kita…? Maka kita berlindung kepada Allah ta’ala dari hal yang begitu.

banyak orang yang mengatakan bahwa hadits ttg sholat tasbih palsu…ternyata setelah diadakan penelitian hadits tersebut shohih…sebagaimana ditulis oleh Prof.KH. Ali Mustofa Ya’kub dalam bukunya “HADIS HADIS BERMASALAH”….apalagi jika hal tersebut yang berkaitan dengan “furu’iyah fil fiqhi” itu kan produk dari ijtihad para ulama..jadi klo bisa neh ya…kita jangan gampang nyalahin orang yg mungkin cara mengerjakan sholat dan yang lain2 beda dngan kita, hasil ijtihad itu kan sifatnya dhonny..so kebenarannya tidak absolut/mutlaq,cukup sekian n mohon maaf والله أعلم بالصواب

Didit Fitriawan berkata…
Jika hasil ijtihad itu dhonny, lantas untuk apa ada ijtihad…?
Pak Saiful, ijtihad yang sah, berlandaskan atas alquran dan assunnah di atas pemahaman salafuna ash shalih, maka sifatnya haq. Bukan dhon…
Akan tetapi jika ijtihad tersebut dilandaskan atas sebuah hadits yang lemah, maka itulah yang bersifat dhon…
Wallahua’lam. semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam untuk keluarga di rumah Pak Saiful…

24 03 2010
yoyo

Waaaahhh….anda kok kayak tuhan aja ( yg merasa lebih tahu).
anda bilang “Solusi atas terbukanya pintu – pintu rizki ada pada hal – hal berikut sebagaimana yang telah dijelaskan oleh ulama ahlus sunnah kita, Asy Syaikh Dr. Fadhl Ilahi”, siapa tuch Dr…?? merasa jadi tuhan juga…?? & anda juga siapa…??
ngak usah tuch Dr ngomong gitu, kita2x juga udah pada tau….

ingat mas, jangan merusak pikiran orang yg mana menjadi sumber penghidupan untuk anak bini…

Sadar bozz sadaaaarrr….& jangan merasa beragama banget pake akhi akhi lah, jazza kumullah lah, ente emang orang raab ech arab…laaa wonk tuch arab2x disana juga belum tentu pada bener….

saran gw pakai hati & pikiran kamu untuk menyaring ini semua, ok…

Didit Fitriawan berkata…
Tidak mas. Itu adalah kunci rizki yang Allah ta’ala tunjukkan dari alquran dan as sunnah yang shahih.
Terima kasih.

26 03 2010
yoyo

iya mas shahih menurut golongan yg mana…??

Nabi saja bersabda kepada anaknya fatimah untuk membaca al-waqiah untuk menghindari kemiskinan, Nah ingat pada saat itu betapa kaya raya nya keluarga nabi muhammad, meski sedang berlimpah harta pada saat itu nabi tetap bersabda seperti itu. itu menunjukkan kita membaca al-waqiah agar terhindar dari semuuuuaaa jenis kemiskinan, baik kemiskinan agama, kemiskinan hati nurani, kemiskinan iman & kemiskinan kemiskinan lainnya yg mana akan menjauhkan umat nabi dari agamanya…

thank’s…

Didit Fitriawan berkata…
Mohon dihadirkan di sini, kisah itu riwayat siapa, dalam kitab apa? Jika belum mengerti tentang shahih dan lemah-nya sebuah kisah, maka hendaklah kita menahan diri dari membicarakannya. Jangan kemudian anda menyampaikan setiap apa yang anda dengat begitu saja…
Dari Abu Hurairah, ia berkata: “Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Cukuplah seo-rang dikatakan berdusta apabila ia menyampaikan tiap-tiap apa yang ia dengar.’” [HR. Muslim (I/10).]

26 03 2010
yoyo

Maaaass mas…Kitab itu hanya ada kitab TAURAT,ZABUR, INJIL & yg terakhir (MULIA) AL-QUR’AN…kalau mas menanyakan kitab nya apa, berarti mas mungkin membaca kitab PELANGI/kitab PARTAI, yg artinya mas berdasarkan adanya kitab kuning atau putih….Hmmm mungkin akan ada lagi kitab -kitab lainnya, mungkin akan muncul juga kitab hijau,hitam merah,biru…karena itu saya bilang itu kitab pelangi/kitab partai…

saya rasa reply anda yg terakhir itu sangat cocok buat anda, anda mengatakan “hendaklah kita menahan diri dari membicarakannya. Jangan kemudian anda menyampaikan setiap apa yang anda dengat begitu saja”

& juga saya rasa dari abu hurairah itu juga buat anda, ‘Cukuplah seo-rang dikatakan berdusta apabila ia menyampaikan tiap-tiap apa yang ia dengar.’” [HR. Muslim (I/10).], karena apa, karena anda mendengar & mempercayai Asy Syaikh Dr. Fadhl Ilahi.(Siapa dia & hidup thn berapa dia)

kalau saya lihat posting anda, ada halaman ini lah halaman itulah, kitab ini lah kitab itulah & buku inilah buku itulah,sepertinya orang awam akan sangat yakin anda orang yg saaaaangat lebih tahu dari orang lain, masak anda bertanya kepada saya dari riwayat apa & kitab apa…

terima kasih maaaass…

Didit Fitriawan berkata…
Semoga Allah ta’ala memberikan hidayah kepada kita semua. Mari kita belajar ilmu terlebih dahulu sebelum berkata & beramal.
Oh iya, Syaikh Dr. Fadhl Ilahi, beliau masih hidup sekarang. Dan mengajar di Fakultas Ushuluddin di Universitas Ibnu Suud Kota Riyadh, Arab Saudi.

31 03 2010
yoyo

Amiiiiinn…iya mas semoga allah ta’ala memberikan hidayah kepada kita semua & salam ya buat Dr.Fadli Ilahi.

thank’s maaass…

16 07 2011
TT

siippp…ok bgt

25 03 2010
april

Alhamdulillah semenjak saya mengamalkan surat Al-waqiah… doa2 saya terkabul… Allah memang Maha Pengasih dan Penyayang…

25 03 2010
abdullah

walhamdulillah, tanpa membaca surat al waqi’ah pun rizki Allah telah mengalir untuk keluarga kami.
Dan setelah tahu bahwa hadits tentang al waqi’ah itu LEMAH, semoga keluarga kami bisa meninggalkannya. Berganti dengan mengamalkan pembuka pintu – pintu rizki yang telah dituntunkan ulama’.

25 02 2011
tofe

masaallah anda mao meninggalakan membaca surah al quran.tobat mass……

Didit Fitriawan
Walhamdulillah, saya selalu membaca semua surat di dalam alquran secara berurutan, Pak.

28 03 2010
saiful

saudara2ku….saya mohon ga usah trllu meributkan hal ini…jika memang hadits yang dipakai landasan fadhilah AMAL itu dhoif/lemah toh….terjadi perbedaan juga di kalangan ulama’ tentang boleh dan tidaknya hadits dhoif/lemah utk hujjah fadhoil a’mal/keutamaan amal…sebagian ulama mengatakan boleh selama hadits dhoif itu hanya utk hujjah fadhoil a’mal/keutamaan a’mal…dan sebagian tidak memperbolehkan…baik itu utk hujjah hukum/fadhoil a’mal….syukrun هدانا الله وإيّاكم إلى صراطه القويم

28 03 2010
saiful

jadi bagi saudara2ku yang masih ttep mau baca/ngamalin baca surat waqiah ya silahkan saja diteruskan dg niat utk mencapai ridha Allah/…bagi saudara2ku yang tidak mau/tidak mau lg mengamalkan baca surat waqiah setelah tau haditsnya lemah ya silahkan…….mari kita jadikan perbedaan pendapat bukan biang/sumber dari perpecahan tapi sebagai warna yang mewarnai kehidupan kita dalam beragama Islam>>>>إهدنا الصراط المستقيم

4 04 2010
Jo

Asslmkm mas Didit.

Numpang comment ya mas.
Alhamdulillaah,saya ketemu topic ini setelah Google. Tadinya baru saja saya mau mengerjakan amalan ini karena diberitahu seorang alakh yang katanya sejak mengamalkan ini rizqinya bertambah. Terus saya baca arti surat Alwaqiah itu sampai habis, koq tidak ada hubungannya dengan kekayaan? Surat ini dengan indahnya dan seramnya menceritakan kehidupan stlh hari kiamat yg dialami golongan kiri dan kanan. Karena itu saya jadi ragu dan mulai Googling. Ternyata benar banyak artikel2 online yang mengatakan dhoifnya hadits keutamaan surat Alwaqiah.

Mengenai terhindar dari kefakiran/mendatangkan rizqi, sebenarnya saya tertarik dg amalan ini krn kebetulan kondisi keuangan saya lagi down. Tapi saya sadar setelah diingatkan lagi oleh Syaikh Dr. Fadhil Ilahi ttg pintu2 rizqi. Penjelasan dari assyaikh lebih logis dan rasional. Misalnya anjuran dari Rasulullah SAW utk memperbanyak silaturahim. Ini banyak dipakai oleh kalangan bisnis masa kini untuk memperluas jaringan mereka, lebih dikenal dengan networking, yang pada akhirnya akan memperbesar kekayaan mereka. Amatlah logis kalau kita banyak bersilaturahim,peluang2 bisnis/pekerjaan akan banyak terbuka.

Sebenarnya,ketika kondisi saya sedang “di atas”, saya tidak pernah mengamalkan ini, toch Alhamdulillaah rizqi saya waktu itu begitu dimurahkan 4JJI.Amalan2 yg saya kerjakan selama ini juga yg sudah banyak dikenal orang seperti, dzikir Almatsuurat pagi dan petang (ohya salah 1 bacaan dzikir ini, allahummaa innii auudzubika minal kufri walfaqr berarti minta perlindungan dr kefaqiran), sholat dhuha, tilawah Alquran 1 juz per hari, dsb. Jadi jika 4JJI sdg menguji saya sekarang dengan kondisi keuangan yg lg down, saya menganggap saya mulai tidak konsisten dalam menjalankan amalan2 fardiyah yang selama ini saya lakukan dan harus meningkatkannya lagi seraya tetap bertawakal.

Sabar aja ya mas Didit, perjuangan dakwah ini masih panjang, dan dalam konteks Indonesia, terkadang para penghalang dakwah itu justru berasal dari kaum muslimin sendiri, apalagi selama masih ada sifat taqlid.


Didit Fitriawan berkata…

Wa’alaikumussalaam warahmatullah wabarakatuhu.
Khair mas Jo, memang kita butuh bersabar dalam berdakwah. Terima kasih ya…

7 04 2010
yoyo

Betul mas jo, soal di awal topic ini aja udah salah (Benarkah mambaca surat Al Waqi’ah dapat melapangkan rizki? Ini banyak diyakini manusia…) kok rizqi…?? kalau mau rizqi ya kerja & usaha…sehari baca surat al waaqiah 1000x juga ngak bakal dapat rejeki nomplok, rejeki itu ngak bakal datang sendiri….

setahu saya bukan rizqi, karena ini ada sabda nabi muhammad s.a.w
(Nabi Muhammad s.a.w pernah bersabda: “Sesiapa yang membaca Surah Al-Waqi’ah pada tiap malam, maka tidak akan menderita kemiskinan untuk selamanya” (Riwayat Al-Baihaqi dari Ibn Mas’ud r.a)
jadi kemiskinan, bukan rizqi yg notabene orang menilai dgn harta…..

kemiskinan itu luas artinya, ya kemiskinan agama,ilmu,iman, taqwa, kasih sayang termasuk juga ya harta…kalau kita menderita kemiskinan seperti yg saya tulis diatas maka kita akan dengan mudah tergelincir dari agama kita, itulah yg nabi muhammad tidak inginkan terjadi kepada umatnya…

tapi ingat hanya allah lah yg tahu kepada hamba yg kekurangan dari sisi mana allah akan memberi…

Thank’s maaass…

Didit Fitriawan berkata…
Bukan topiknya yang salah, tapi yang banyak diyakini oleh manusia bahwa membaca “QS. Al Waqi’ah akan mendatangkan rizki” itulah yang salah. Karena didasarkan atas hadits lemah sebagaimana anda sebutkan. Wallahua’lam…

4 04 2010
sam

asslamulaikum…
knp hrs membahas boleh ato tdaknya membaca Al-Waqiah?
Knp orang yg membaca Qalam-Nya hrs pke dalil?
adapun pabila membaca surat A-Waqiah rejeki kita membaca menjadi lancar,tu karena ALLAH swt sayang kpd kita, dan tu jga sbg imbalan dari amalan kpd kita scara lngsung dan sesuai dgn kita inginkan….

7 04 2010
yoyo

Setuju mas, masa’ kalam allah harus pake dalil2x…?? mana lebih dulu dalil / kalam allah…??
& juga masa’ kalam allah lebih bagus dari dzikir…?? mana lebih dulu dzikir/kalam allah…??

soal topic ini aja udah salah/tidak nyambung, ya sudah pasti semua koment pasti tidak nyambung semua alias tulalit tulalit tulalit (kayak telkom jaman dulu)

Didit Fitriawan berkata…
Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,” Semua ibadah, ketaatan dan taqarrub adalah berdasarkan dalil dari Allah dan RasulNya, dan tidak boleh seorang pun yang menjadikan sesuatu sebagai ibadah atau taqarrub kepada Allah kecuai dengan dalil syar’i”. [dlm kitab. Majmu Al-Fatawa, XXXI/35]

kemudian…

Diriwayatkan oleh Nafi’ Radhiyallahu ‘anhu, “Seseorang bersin di samping Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, lalu ia berkata, ‘Alhamdulillah wassalamu ‘ala Rasulih (segala puji bagi Allah dan kesejahteraan kepada RasulNya)’. Maka Ibnu Umar berkata, “Tidak demikian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kami. Beliau mengajarkan agar kami mengatakan, “Alhamdulillah ‘ala kulli hal” (segala puji bagi Allah dalam segala hal). [HR Tirmidzi 2738, Hakim IV/265-266 dengan sanad shahih]

Jadi ibadah (termasuk dalam hal ini adalah MEMBACA AL WAQI’AH SEBAGAI SARANA UNTUK MEMUDAHKAN DAPAT RIZKI) haruslah ada dalil yang memperkuatnya. Jika tidak ada dalil atau dalil tentang hal itu LEMAH, maka tidak bisa dijadikan amalan. Wallahua’lam…
Semoga Allah ta’ala memberikan hidayah kepada kita…

7 04 2010
alhumairoh

Penjelasan yang sangat ilmiah sesuai dengan kaidah beragama. Sabar akhi, terus berdakwah menjelaskan kepada ummat tentang hal ini.
Semoga umat dicerahkan oleh tulisan antum..

7 04 2010
Laura Larasati

Memang, melakukan sesuatu berlandaskan hadits yang dha’if atau hadits lemah sama dengan melakukan sesuatu ibadah yang tidak berdasarkan dalil. Maka hendaknya seorang muslim yang ikhlash, meninggalkan amalan – amalan yang dilandasi dengan hadits maupun dalil yang lemah.

Semoga kita selamat dari amalan yang tidak shahih ini.

7 04 2010
alhumairoh

Assalamu’alaikum
Rizki itu datangnya dari Allah, dan penyebab – penyebab agar rizki itu dimudahkan oleh-Nya pun telah datang dari Allah dan Rasul-Nya.
Dan membaca Surah Al Waqi’ah BUKAN termasuk perkara yang mendatangkan rizki, karena amalan itu dilandasi dengan hadits yang LEMAH.
teruskan berdakwah akhi.

15 04 2010
alqotil

malam ini saya telah membaca semua dan tidak tertarik untuk mengamalkannya, membaca ya wajib lah…………………..silahkan buka buku silsilah hadits-hadits dhaiffffffffffffffffff………………..okeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee………………..bunggggggggggggggggg… (karangan imam albani) mesti jitu banget dech………biar dak tersesat…….

26 04 2010
wannoni

subhanallah… kenapa masih merujuk kpd imam albani ? http://www.almanhaj.or.id/content/2324/slash/0 ,SEMBILAN TUDUHAN DUSTA TERHADAP SYAIKH AL-ALBANI
Oleh Gholib Arif Nushoirootcarilah, carilah rujukan lain… secara umum, ulama2 aswaja yg salaf & khalaf jarang sekali memakai ulama ini sebagai rujukan..

16 04 2010
alqotiil

okelah kalo begitu…………

5 05 2010
Alung

Assalamu’alaikum
Semoga Allah S.W.T., melindungi kita dari perdebatan dan bantah-membantah yang sesat dan menyesatkan.
Membaca Al-Qur’an apapun suratnya insya Allah berpahala. Membaca Al Qur’an adalah salah satu ibadah kepada Allah. Ibadah kepada Allah ada aturannya yaitu harus mengikuti tuntunan RasuluLLah dengan hadist-hadist yang shahih. Jika hadist tersebut lemah bahkan palsu yang diada-adakan maka itu adalah bathil.
Bukan membaca surat Al Waqi’ah itu salah, tapi jika berkeyakinan ini-itu terhadap seuatu ibadah itu harus berdasarkan aturan sesuai tuntunan RasuluLLah.

WaLLu ‘alam…

8 05 2010
sukalong

innamaa a’maluhu binniyaat..

14 06 2010
abu khansa

Secara logika amalan adalah beban, karena kalau kita boleh memilih antara melakukan suatu amalan atau meninggalkannya, maka yang paling mudah adalah meninggalkannya. Sangatlah banyak amalan dalam Islam yang dicontohkan oleh Nabi Shallalahu alaihiwassalam, dan sangat sedikit yang sudah kita amalkan. Lantas kenapa kita menambah beban kita dengan amalan-amalan yg tidak dicontohkan oleh beliau.

14 07 2010
uyang melayu

Bismillah. Buat saudara-saudariku sekalian, beramallah apa yang diperintah oleh rasulullah dari haditsnya yang shohih/hasan, dan janganlah beramal dengan sesuatu yang bukan dari rasulullah dengan dalil-dalil yang dhoif/maudhu’. bacalah surah al-waqiah itu dan surah-surah Al-Qur’an yang lainnya juga. jangan hanya mengkhususkan membaca surah al-waqiah saja tapi tak pernah diamalkan isi kandungan al-waqiah, itu sama saja dengan NIHIL. perlu kita ketahui, tidak cukup dengan hanya membaca al-qur’an saja tapi amalkan kandungan yang berasal dari al-Qur’an tersebut. semoga bermanfaat bagi diri kita dunia wal akhirat. wallahu a’lam. buat saudara didit yang dirahmati Allah, bersabarlah dalam menyampaikan al-haq walaupun sesak dada anda dan sakit badan anda.
wahai saudara sekalian, pahamilah kaedah AL-HAQ : SETIAP KEBATHILAN ATAU KEJELEKAN LAMBAT LAUN AKAN DITAMPAKKAN OLEH ALLAH TA’ALA DENGAN BAU YANG BUSUK, WALAUPUN SELURUH MANUSIA MENDUKUNGNYA. DAN KEBENARAN AKAN TETAP DIJAGA OLEH ALLAH TA’ALA DAN ORANG-ORANG YANG ISTIQOMAH DALAM AGAMANYA WALAUPUN KEBENARAN ITU BANYAK DILECEHKAN. SETIAP KEJELEKAN AKAN DIHANCURKAN OLEH KEBENARAN, WALAUPUN KEJELEKAN MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA/JALAN UNTUK MENGHANCURKAN KEBENARAN. DEMI ALLAH, KEBENARAN AKAN TETAP JAYA…..WALLAHU A’LAM BISH-SHOWAB

25 07 2010
orangnggaktahuapa2

…wah dah pada pinter2 semua yah….semoga pada masuk surga dah buat semua……amenn……“ Innama A’malu bin Niat “,,,,,,,,,

2 09 2010
ahmad syafrudin

Banyak yang mengatakan bahwa hadist diatas memang lemah perowinya, tapi yang menerangkanpun jangan lemah cara menjelaskannya, karena setiap oran punya daya tangkap yang berbeda, bisa jadi dengan ungkapan bahwa hadist ini lemah , maka orang yang sudah rajin membaca Surat Al Waqi’ah jadi berhenti membaca dan akhirnya juga tidak membaca surat yang lain juga. Kita kalau menerangkan bahwa hadist ini lemah jangan dengan cara emosional ( saya tidak mengatakan bahwa yang menulis di blok ini emosional lho ). Tapi harus diterangkan secara detail, agar yang sudah membaca surat Al Waqi’ah juga tidak berhenti membaca, apalagi kalau kita lagi mantap mantapnya membaca surat Al Waqi’ah ya diminta siteruskan saja, jangan langsung berhenti membaca surat Al Waqi’ah, pelan pelan dan sedikit demi sedikit perlu ditambah dengan surat yang lain.
Dan saya rasa kalau ada yang membaca tulisan saya ini bisa jadi juga ada yang salah paham , tapi juga ada yang paham. bisa pula tulisan saya dimaknai berbeda oleh masing masing orang, tapi juga ada yang sama cara memaknainya. Yah namanya orang punya emosi, punya kecerdasan, punya pemahaman, punya kemampuan yang berbeda beda. ada yang cerdas sekali dan ada pula yang kurang cerdas sekali. Kalau saya termasuk golongan yang mana Ya ?

3 05 2011
Bunda Ben

setoedjoe.
ujian dalam menyampaikan niat baik banyak banget.
selama berbesar hati, insya Allah akan diberi rizki berupa cara penyampaian yg semakin baik dan semakin mengena.
keep d faith

12 09 2010
ana

Saran ana… terus berdakwah ya akhi fillah dalam kebaikan dan sabar… maaf ya, tapi ketika nulis makalah ilmiah di SMA atau nulis skripsi bagi yang kuliah aja selalu dicantumin nara sumber dari buku apa… ditulis siapa… cetakan tahun berapa, halaman berapa… laaaah ini untuk perkara dunia, orang sampe bela-belain sedetil dan seilmiah mungkin. Lalu kalo utk perkara akhirat atau agama… lalu kita sembrono comot sana-sini tanpa dalil ilmiah sedikit pun dari Al Qur’an dan Sunnah yang shahih dengan pemahaman generasi terbaik dari umat ini… lalu kita mau beragama semau sendiri… bikin tata cara sendiri… bikin jalan sendiri. Bahkan ada yang sampai mengklaim kalau dari pondok/madrasah ini maka itulah kebenaran…. na’udzubillah…
Semoga Allah menunjuki kita semua agar bisa meniti jalan yang lurus…

15 09 2010
Rudy

Yg penting kerja mas kalo pengin dpt duit bukan masalah bacanya. Kalo mau baca ya baca yg penting Ridho Allah SWT. Hadist yg shahih byk knp mesti cari yg dhoif. Sehrsnya gampang knp dibikin sulit?

28 09 2010
yulis

waduh…sepertinya kita semua harus lebih giat belajar lagi nih…habis itu…turuti kata hati aja…

2 11 2010
sofian

umat rosulloh terbagi menjadi 73 golongan hanya 1 yang akan selamat, dan semua merasa benar lalu menyalahkan golongan lain tanpa kebenaran, padahal hanya Alqu’an dan alHadist pegangan kita, dan golongan orang yg benci akan islam bersatu untuk membuat hadist palsu hingga menggelapkan orang yg tak berilmu, maka baiknya kita kembali kepada hadist shohih dan mencari guru yang terpercaya, sampai guru nya perlu di teliti belajar dari siapa? dan dimana? hingga tidak tersesat InsyAlloh, tentang membaca Alqur’an adalah mendapat pahala dan memahami makna Alqur’an adalah keharusan, maka itu semua tergantung niatnya apakah mengamalkan mendatangkan rizqi? atau mendapat pahala? silahkan anda memilihnya…, saya sendiri lebih senang bekerja,bersedekah, bersilaturahim, dan berdoa. wallohu’alam

5 11 2010
arief al shiraz

Bacalah dgn niat lillahi ta’ala jgn membaca al Qur’an dengan niat ingin byk rejeki,keselamatan dan lain2,krn allah swt maha tau segala2 nya, bacalah dgn niat lillahi ta’ala sgala apapun surah nya lalu berdoa dan minta kpd allah swt itu yg benar..

21 11 2010
edi

askum,,,kalau menurut sy terjemahan surat waqiah bisa mensugesti alam bawah sadar kita terutama ayat2 pertama tentang kelimpahan.

23 11 2010
aura

Bismillah, assalamu’alaikum,
jangan singkat askum donk ntar artinya jadi asal kumur-kumur…. :)

banyak ulama yang mengajarkan sering-sering baca surat Al Waqiah dan suka menyebutkan sumber-sumber hadistnya, kalau hadist-hadist tsb lemah dan tidak dikenal perawinya, apakah para ulama itu sudah salah menafsirkan atau salah mengajarkan?. mohon pencerahan…

tapi biar apa kata dunia, baca qur’an terus lah, ga ngaruh ma postingan diawal.
laa hawla walaa quwwata….

15 12 2010
budi

Assalamualaikum,
mudah2an smw pe3rdebatan & pembahasan di forum ini memperkuat ukhuwah islamiyah, bkn malah nambah benci, slg hujat dsbnya…kembali ke satu pedoman Al-Quran & Hadits…Sbg Umat Nabi Besar Muhammad S.A.W. menuju Jalan Yg Lurus…Amin

29 12 2010
mumeet

terlepas dari sahih atau tidaknya sebuah hadis….

apa salahnya mengamalkannya .. toh artinya juga menjurus ke arah Pintu Rezeki dan azab Neraka…….
apalagi diamalkan setelah sholat duha…..
lah yg gak bener itu ya yang gak pernah baca al quran … dan yg gak pernah sholat…
piye mas…..
kalo ente maih punishmen gitu ini bid ah itu bidah… waduuh capeek deh…

1 02 2011
tio

Tadinya saya niat sekali untuk menghapal surat alwaqiah.. untuk mendatangkan rejeki tapi setelah tahu..hadistnya lemah jadi malaz…

25 02 2011
tofe

oh….. jadi males ,eling mas… tio.ini surah al quran.anda pikir dulu dan renungkan ucapan malaz anda

11 03 2011
sasa muhammad said

mas lebih baik di terusin hafalan dan bacaan surat al waqiahnya dan niatkan karena Allah … , ingat mas Allah Maha memberikan rizki …

1 02 2011
tio

Barangsiapa membaca surat al waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya…”

Hadits di atas dikeluarkan oleh al Harits bin Abu Usamah dalam kitab Musnad-nya, no. 178, dikeluarkan pula oleh Ibnu Sunniy dalam kitab Amalul Yaum wal Lailah, no. 674, dikeluarkan pula oleh Ibnu lal dalam Hadits-nya, I/116, dikeluarkan pula oleh Ibnu Bisyron dalam Al ‘Amali, I/38/20, dikeluarkan juga oleh Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dan selainnya. Semuanya berasal dari jalan Abu Syuja’ dari Abu Thoyyibah dari Abdullah bin Mas’ud radliyallahu’anhu…

Keterangan

Hadits ini lemah (yang bener) karena dalam silsilah perowinya ada seorang yang lemah. ( emangnya klo seorang lemah yg lain juga lemah)

Al Imam adz Dzahabiy rahimahullah (siapa ya kagak kenal) berkata,” Abu Syuja’ adalah seorang yang tidak jelas, tidak dikenal.(Abu Syuja jga tdk kenal Al Imam adz Dzahabiy kan ) Demikian juga ia meriwayatkan dari Abu Thayyibah, siapa Abu Thayyibah itu?” (maksudnya dia adalah perowi yang tidak dikenal juga)

Al Munawi rahimahullah dalam Fathul Qadir berkata,” Imam Az Zaila’I engatakan bahwa ada perowi yang riwayatnya banyak cacat dari berbagai sisi. Pertama riwayatnya terputus sebagaimana dijelaskan oleh Imam ad Daruquthni dan lainnya. Kedua isi haditsnya munkar sebagaimana dijelaskan Imam Ahmad(itu kan menurut imam ahmad). Ketiga para adalah orang – orang yang lemah sebagaimana dikatakan oleh Ibnu jazari(tdk baik bilang orang lain lemah). Keempat sungguh hadits ini berguncang dan telah sepakat atas kelemahan hadits ini di antaranya adalah Imam Ahmad, Imam Abu Hatim ar Razi’, putranya, Imam, .. semoga tdk mengendurkan semangat teman2.. untuk mengamalkan surat alwaqiah.. para ulama yg berselisih tentang surat alwaqiah bisa dijadikan sebagai ilmu, begitu banyaknya pemikiran2. yg pro dan kontra.. ( manusia tmpt salah) bisa jadi dengan kemajuan pengetahuan sebuah hadist yg shahih bisa jadi lemah dan sebaliknya… jika kita yakini surat Alwaqiah. mendatangkan rejeki. insya Allah rezeki kita lancar.. (Allah tergantung prasangka hambanya) jika kita yakin insya Allah… rejeki pun akan ada

1 02 2011
ojie

gitu aja ko repot

14 02 2011
Ivonda

TRUS KALAU PALSU N LEMAH EMANG KENAPA????

TANPA HADIS SHAHIH PUN SURAT INI TETAP JUGA AKAN DIBACA.. CZ KAN ALQURAN….

26 02 2011
kertas_putih

tolong bedakan antara berdebat dan berdiskusi
jangan sampai termakan hasut setan yg slalu membisikan
rasa bangga dan paling pintar dibandingkan orang lain.
jagalah persaudaraan dan perasaan sesama saudara muslim

kebenaran mutlak hanya milik Allah SWT

Didit Fitriawan berkata…
“kebenaran mutlak hanya milik Allah SWT (yang disampaikan dalam Al Quran dan Hadits Yang Shahih, bukan hadits yang dha’if)

28 02 2011
akhmadjafar

Sibghoh Allah ?celepan dari Allah
Kalau kita bicara masalah sibghoh tentunya kita tidak bisa lepas dari kaffah dan kalau kita bicara masalah layukallifullahunafsanillawus’aha tentunya tidak lepas dar Iman pada taqdir baik/buruk.Nah saudaraku jangan kau berantem/saling menghujat
.kalau mau berantem ya sama setan dan temen temenya yang sama sama ingkar pada Allah SWT.kalau sesama muslim ya saling sabar dalam berda’wah,saling mengingatkan tentunya dengan hikmah ,mau’idzoh/mujadalah dengan cara yang makruf tentunya ok…kalau kita bicara no 1 tentunya kecap selalu no 1.nah kalau majadi yang 1 golongan yang selamat diantara 73 Golongan yang ada tentunya harus kembali kepada Al Qur- an dan As-sunnah sesuai pemahaman Salafussaleh.. Nah itu saja masih belum cukup.. karena semua mengaku ikut kembali pada Alqur- an dan As-sunah sesuai pemahaman salaffushaleh ( ada yang baru niat/magsud dan ada yang sudah mengerti tapi kurang paham dan ada yang sudah paham dan melaksanakan dgn sungguh sungguh /jihad ) itu pun belum cukup kalau kita ingat hadits Gigitlah erat erat dengan gerahammu walau seorang diri. nah disini jelas bahwa untuk mendapatkan golongan yang satu itu (golongan yang selamat) itu nanti setelah di ayak/disaring/disorteer di hari perhitungan(yaumul hisab nanti ) karena kita semua masih punya lawan yang besar yaitu nafsu kita…sehingga ulamak besar no satu saja masih perlu didoakan mudah mudahan kamu dirahmati Allah .sekian mudah mudahan kita bisa fastabikulhoirot dengan bijak sehingga ter masuk umat yang satu golongan tersebut amin (Mohon blog anda jangan dijadikan debat kusir )……….wallohu’alam Wassalamualaikum w w.

25 03 2011
david zakaria

khair akhi…
memang harus diluruskan pemahaman keliru ini.
Surat al Waqiah adalah surat yang mulia, dia kalamullah.
akan tetapi ketika ia diyakini saat dibaca kemudian akan mendatangkan rizki, maka itu adalah keyakinan yang tidak ada dalil-nya.
teruskan berdakwah akhi…
semoga mereka yang tidak mengerti dan banyak mencelamu, dijadikan Allah ta’ala sadar akan kekeliruan mereka…

17 04 2011
dhank

Rata2 pada mbulet semua..
penulis lho ga nglarang unt baca Al-waqi’ah,org dia cuman ngingetin doang klo baca dg niat memperlancar rizqi itu gada hadist sahih’x..
Jadi baca al-qur’an tetep jalan..bukan cuman baca 1 surat doang tiap hari tp baca surat lainx kagak pernah..apalagi ampe ga pnh khatam Al-qur’an..

29 06 2011
UKO

SETUJUUUUUUUUUU……………..aneh ya, Orang penulisnya cmn ngingetin klo baca dg niat memperlancar rizqi itu gada hadist sahih’x. eeeeee, koq malah ribut, klo mau koment di telaah dl sampe akhir jgn setengah2. Ntar klo ada org yg tiap hari baca QS. Al Waqi’ah tp tetep aja miskin gmana donkkkk? apa iya mau nyalahin QS. Al Waqi’ah

3 05 2011
Bunda Ben

Sedih euy,sampe ada yg memaki segala. Kalo mau jernih,penulis kan ngajak kita supaya mensucikan Al-Qur’an, jgn malah dijadikan “ajian” atau “jimat”.
Hati-hati ah, mas, mbak, jangan sampe keyakinan kita thd yg kita baca menggantikan keyakinan kita thdp Sang Maha.
Iblis kelas kroco akan menggoda dgn cara2 kroco, iblis kelas bento punya cara main yg lbh halus. Bayangkan ada 5 surat saja yg ditempeli “mujarobat2″ kaya gini,dan dibaca stlh sholat 5 waktu setiap hari, maka anda nggak akan sempat membaca 109 surat yang lain dalam Al-Qur’an. Wahaiiii,bagaimana pula petunjuk itu akan lengkap kita dapatkan ???
Kalo sudah begitu,sukseslah Snouck Hurgronje.

18 06 2011
setiawan99

sebenarnya g ada salahnya menghafal / mengamalkan surat al waqiah bahkan kalo bisa sama artinya sekalian agar mereka sadar, mereka berada digolongan mana nantinya……hehehehhe

9 08 2011
Dwi

yang saya rasakan , membaca surat tersebut adalah , rasa tenang dengan harta yang di miliki bukan menambah rizki ..
rizki hanya dari Allah semata :)

9 09 2011
orang_awam

dulu saya sering mengkhususkan mengamalkan surat al waqiyah.. sugesti saya karena amalan surat itu rezeki lancar,sekarang saya jarang sekali mengamalkannya, keuangan saya sekarang agak down.. rencanany saya mau mengamalkannya lagi.. tp setelah baca artikel ini saya mengurungkan niat, karena saya rasa penulis benar.. dan saya mau cari amalan yang lain saja..

12 09 2011
darma

wahai umat Islam, bersatulah… berbantah2 akan melemahkan, akan memecah belah, lakukan hal kongkrit dengan ikhlas karena Alloh… umat islam kini tertinggal dari banyak aspek kehidupan karena kita cenderung kebanyakan berbantah sebelum memulai. Umat islam lemah ekonomi, lemah komunikasi (media2 besar dikuasai non muslim), lemah politik, dll. Kita cenderung suka memperdebatkan wacana. Kita harus sadar, afganistan, dan banyak dunia arab tak kunjungg rukun karena suka gontok2an sendiri. Perbedaan memahami hadis seperti ini sudah berlangsung berabad-abad, nggak pernah selesai. Mari lakukan hal2 kongkrit untuk kemajuan islam dan minimalisir hal2 pemicu perbedaan! Tengoklah di luar jutaan muslim miskin ilmu dan ekonomi (baca alquran dan sholat yg dasar saja belum bisa), anak-anak kita dicekok acara non islam tiap hari, tiap tahun sarjana muslim menganggur luntang-lantung cari kerjaan dan majikan dan majikannya itu non muslim… kenapa kita nggak mikirin hal yang konstruktif ini, cuma ngributin hal2 yang dari dulu sudah menjadi perbedaan? Untuk tahu boleh, namun kalau kita selalu mempermasalahkan ini, tampaknya kita harus mawas diri, jangan2 bukan lillahita’ala, namun karena kedengkian pada pihak lain. smoga alloh memberi hidayah kita semua

4 10 2011
alex

hadis sokhih untuk kerejekian selain surat waqi,ah baca,an apa?

6 11 2011
athmainnah

jangan pernah beranggapan bahwa apa yang banyak dilakukan mayoritas orang adalah sebuah kebenaran. Jika hadis menyatakan seperti diatas, harusnya anda semua yang belum mengetahui, wajib bersyukur!
sepertinya yang agak emosi setelah membaca penjelasan diatas, belum pernah mengenal ulumul hadis!

7 11 2011
Hamba

Syukroon, semoga article in bermanfaat bagi kita yang di beri Hidayah Allah SWT, semoga kita di hindarkan dari perbuatan Bid’ah (notabennya Sia-sia amalan bid’ah disisi Allah SWT), satu hal di tengah masyarakat kita, kebid’ahan menjadi hal yang lumrah dan menganut Faham Taqlid, semoga kita selalu di beri hidayah untuk di beri ilmu dan mencari kebenaran sunnah nabi yang shohih, karena pentunjuk setelah Al-Qur’an adalah Hadist Nabi yang Shohih.

10 11 2011
dede

memangnya salah ya kalo kita minta rizki kepada ALLAH lewat perantaraan mebaca Alqur’an khususnya surat Al Waqi’ah,trus kita mau minta rizki ama siapa dong mas…

25 11 2011
alim

knapa orang mengamalkan al-quran(surat waqiah ) di permasalahin,tugas kita manusia beruasaha Allah yang mnentukan kehendak Nya, skarang nasehatin knapa politisi para koruptor?

25 11 2011
Ika ReAns Marahase

boleh klw cmn separuhnya dbaca? artinya ada yg indah bgt dbaca klw ngak slh tentang ranjang yg terbuat dr emas dan berlapis intan permata dll. blh sy mmbaca surah it sj?????

29 01 2012
pencari kebenaran

bagaimana anda bisa berpendapat seperti itu?
Apakah hanya dari ketidak tahuan anda tentang orang2 yg meriwayatkan hadist itu?
dan apakah yg bisa memperkuat opini anda itu?

11 02 2012
M.cefi urifqi al faujimi sarif hidayatullah

istigfar kalian semua jangan sok pintar dah yang penting kita jalanin perintah allah swt dan nabi kita nabi muhammad saw,,,,

19 02 2012
Sabar

kalau surat waqi’ah memang bukan untuk mendatangkan kekayaan atau rezeki, karena suratnya menceritakan tentang hari kiamat. Keutamaan membaca surat waqi’ah itu adalah supaya mendapat pahala dan mengimani hari kiamat. Sedangkan untuk mohon rezeki seharusnya membaca surat Al-imran ayat:37, sama surat Al-ma’idah ayat:114. Atau ayat-ayat al-qur’an yang lainnya yang menceritakan tentang rezeki. Cara mengamalkannya juga hanya minimal dibaca 3x, atau 33x, atau 44x dalam sehari secara langgeng istiqomah. Waktu membacanya juga terserah sesempat-sempatnya, yang penting langgeng istiqomah…

20 02 2012
ary

Istigfar Istigfar Istigfar……Istigfar saya orang bodoh yang sedang belajar tentang agama yang saya yakini ISLAM. Tidak sepantasnya disini saudara se Iman, saudara sesama Muslim berkata kata dengan kalimat2 mencela. maaf, sekali lagi jangan kita saudara sesama muslim seiman mencela berkata2 dengan ucapan yg buruk. apalagi dalam berbagi ilmu. saling mengingatkanlah dalam bersabar. tidak dengan perkataan2 yang buruk.
Maaf sekali lagi saudara2ku sesama muslim, seiman… Istighfar. saya takut membaca tulisan komen2 saudara yg menhardik, mencela… membacanya saya takut ASTAGHFIRULLOH….kita bersaudara. sedih hati membaca tulisan2 saudara2ku yg cela mencela satu sama lain. Saya orang bodoh tidak tau mana yang benar dan yang salah dalam hadist lemah atau tidaknya tentang surah Al Waqiah…. tetapi hikmah yg saya dapatkan pagi hari ini adalah selalu ingat dalam sifat sabar dalam saling menasehati, berbicara sengan rendah hati, Ya Allah ampunilah kami Ya Allah… sesungguhnya saya sedih membaca umat-MU yg berkata dengan kata2 tercela dengan saudaranya sendiri. ASTAGHFIRULLOH….. maafkan saya saudara2ku yg di rahmati Allah, lembutkan hati saudara2 ya…. berlemah lembut lebih baik. Astaghfirulloh..

26 02 2012
M Syifaul kirom

islam mengganjurkan untuk saling memaafkan untuk sesama muslim /

28 02 2012
Aris

sekedar komentar saja. Kalau menurut saya membaca surat Al-Waqiah boleh-boleh saja, yang menjadi permasalahan disini dikhawatirkan bahwa ketika kita membaca surat Al-Waqiah terus-menerus selama 40 hari maka rezeki kita menjadi lancar, maka yang menjadi jimat sakti disini adalah surat Al-Waqiah. Padahal yang mengatur rezeki itu adalah Alloh SWT, yang dengan kehendakNya maka Rezeki bisa mengalir lancar pada siapapun. Yang perlu diperhatikan disini adalah kita membaca surat Al-Waqiah hanya untuk mendapatkan rezeki bukan untuk beribadah kepada Alloh SWT. Itu kalau menurut saya merupakan sesuatu yang salah. Sama seperti kita menuliskan ayat-ayat Al-Quran untuk jimat, sehingga kita percaya bahwa jimat itu memiliki kesaktian karena dituliskan ayat-ayat Al-Quran.
Alloh SWT memberikan cobaan kepada manusia dari segala arah, jangan lupa juga ketika kita berada dalam kehidupan yang berkecukupan itu juga merupakan cobaan dari Alloh SWT. Saya juga ragu dengan pendapat kalau surat Al-Waqiah dapat melancarkan rezeki, karena hanya Alloh yang dapat melancarkan dan mencegah rezeki seseorang. Wassalam

1 03 2012
Teguh

Alhamdulilah….
Hampir hampir saya meyakini dan mengamalkan amalan ini ternyata dasarnya lemh
Hendaklah setiap orang yang mendengar suatu amalan terlebih dahulu mencari kebenaranya sebelum mengamalkanya dan bukan taklid buta semata

4 03 2012
yo

oooo begini yaa orang islam……
gazakkk truuzzzz……

20 03 2012
ABU FAHAD

@didit :sabar sebagian dari iman,teruskan dakwah mu insyaallah di berikan keridhoan NYA,AMIN

25 04 2012
yhon sofyan

artinya kalau membaca al-Qur’an niatkan Lillahita’ala, jangan ada niatan tertentu yang akan menjadikan pahala baca Al-Qur’an nya luntur atau lebih parah lagi menjadi perbuatan bid’ah, kecuali memang ada dasar dalil-dalil yang kuat (shahih), mungkin itu yang dimaksud Pak Uztadl.
membaca Al-Qur’an walalupun 1 huruf itu sudah sangat berpahala, jika kita mau di limpahkan rizki oleh Allah, tekunlah beribadah dan jangan tinggalkan sholat tahajjud dan dhuha….. itu yang di ajarkan baginda Rasulullah. Insaya Allah……

1 05 2012
ibnu nofalio

ini yang mana yang benar bung,..ente,ente kayak tuhan bisa mem vonis.l
ikutin aja yg di perintah baginda rasul muhammad saw.

maav klo agak emosi,
salam damai indonesiaku

3 05 2012
ruspandi

subhanaALLAH….

4 05 2012
Firzie

sekedar comentar mas ^_^ terlepas dari shhohihnya atau tidak hadist tersebut, sepertinya mengamalkan surat Waqi’ah setiap malam, memang bisa menjauhkan kefakiran dalam hidup kita,

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan sesuai apa yang diniatkan, barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan didapatkan atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari Muslim)

mohon maaf apabila komentar tidak menjadikan manfaat, tapi semoga tetap bisa menjadi manfaat, kadang kita perlu renungkan

8 07 2012
tony

ya jelaslah mereka marah justru orang2 yang kontra itu besar kemungkinan mereka para pengamal wakiah sekarang begini saja al ilmu bila masayih masayihis saiton ” berilmu tanfa guru maka gurunya setan ” jadi tahan diri masing2 jangan so so an komen pro atau kontra jadi konsultasikan dulu pada guru masing2 baru kita komen ingat pada guru masing2 ya

27 09 2012
andy,

sekedar menambahkan,
diantara yg memudahkan rizki adalah: “memperbanyak istighfar dan taubat”
sebagaimana tertera dlm surat nuh ayat 10 mpe 12,

dan saya berpesan kpd admin -smg alloh memberkahi ilmu anda-
kata salah seorang ulama; “jgn sekali2 berdebat dg 2 orang, org alim dan orgyg blm paham, org alim akan mematahkan argumenmu dan kamu akan dibuat malu, dan orgyg blm paham akan mematahkan hatimu dg jawaban mreka yg bersumber dr hawa nafsu dan prasangka”

dan kpd semua saya berpesan: “perdalamlah agama, jgn beribadah kepada alloh dg memakai kira2 dan “yang penting tujuannye baik”, krn niat baik itu mmg penting, tp jg ada satu hal penting yg g blh ditinggalkan, yaitu *cara beribadah yg baik,
seperti apa cara ibadah yg baik ? yakni yg sesuai dg cara yg diajarkan nabi ‘alaihish sholaatu was salaam, klu ada dasarnya dr al qur’an dan hadits shohih mk qt amalkan, klu g y qt tinggalin,.
coz alloh g memudahkan rizki seseorang melainkan dg jalan yg sudah Ia tetapkan, dan al waqi’ah bkn termasuk jalan tersebut, wallohu a’lam bish showaab.

27 11 2012
warna

Keliatan orang-orang yang belajar agama dengan benar dan orang yang cuma dengar dari sekedar ceramah & dengar dari ceramah tapi sekedar, atau dari kata orang, atau obrolan warung kopi.

Keliatan orang-orang yang cari pembenaran dan orang-orang yang mencari kebenaran, keliatan orang-orang yang ngeyel dan orang-orang yang sabar dengan ilmunya.

Silahkan ngeyel biar lebih keliatan bodohnya,
Rabbi zitni ‘ilma warzuqni fahma, Allahumma aamiin…

25 01 2013
abusina

sabaaaaaar

19 02 2013
Bill Nhuda

Wah….debat masalah agama kok di Blog ini……., apa mau menunjukkan kepada orang -orang yg tidak seiman bahwa Islam itu Agama yang membingungkan dan mulai terpecah-pecah……..??? sadarlah wahai saudaraku kita Ummat Islam sedang disorot dan dipojokkan dimata Dunia…..,apa mau ditambah lagi dengan hujatan-hujatan yang menyakitkan hati kita???.Istigfarlah hai saudara -saudaraku Blog ini bukan orang-orang seiman saja yang melihatnya.

Kalo memang tidak ada tuntunan dari alquran dan assunnah yang menyebutkan bahwa membaca qs. al waqiah itu mendatangkan rizki dan memperlancar rizki, maka sudahlah…
cukupkan diri. amalkan yang shahih saja tinggalkan yang dha’if

membaca alquran semua mulia, tak terkecuali alwaqiah.

tapi jika membaca al waqiah dimaksudkan untuk memperlancar rizki, itu yang salah…!!!

15 03 2013
gibelajar

Mohon diberikan hadist-hadist yang shohih yang berkaitan dengan surat al-waqi’ah ini mas..

5 04 2013
Purwanto

Smoga yg maha kuasa memberika petunjuk serta hidayahnya pada kita smua

5 04 2013
Purwanto

Buat smuanya,sekarang ingatilah Allah yg maha kuasa, trs berdoalah dan mohon smoga Allah yg maha kuasa memberikan petunjuk serta hidayahNya.

15 04 2013
Abinya Zidan

Agama diturunkan untuk orang yang mau belajar, berakal budi. Semoga yang Anda sampaikan banyak manfaatnya buat kita. Amiin.

4 08 2013
tatu

subhanallah, Jazaakallahu khair ya akh atas tulisannya, sangat bermanfaat untuk ana yg mencari tau ttg keshahihan dari hadits tersebut. sebaiknya kita bila membaca harus tetap berpegangan kepada Al-qur’an dan As-Sunnah, tidak ada yang salah dari isi Al-Qur’an tetapi bila kita mengamalkan sesuatu tetapi tdk ada dari sumbernya dari Rosulullah shallallahu a’laihi wa sallam maka akan sia-sia amalan kita, kalaupun mau membaca surah Al-Wakiyah tidak mengapa tetapi bukan dijadikan patokan bahwa dg membaca sesuatu surat akan dapat mendatangkan rezeki dan semisalnya, rezeki sudah diatur oleh Allah kita sebagai hambanya yg harus giat mencarinya. takutlah pada Allah jangan nafsu yang berbicara hanya karena membenarkan apa yang sudah biasa kita kerjakan tetapi tidak ada petunjuknya dari Rosulullah shallallahu a’laihi wa sallam.

5 09 2013
Nursamsu Samsu

thank bin jzk mas atas infonya… sy dulu jg ngefans dengan surat alwaqiah karena untuk dapatkan rezeki… dan maaf sering pla sy anjurkan ke teman untuk amalkan ini krna ada dalil syar’i berupa hadits2… jaln bertahun2 pemahaman sy ini tp koq ada ganjalan yah… kemudian sy mencari referensi2 … dan krena ada pencerahan mengenai status haditsnya maka.. awalnya berat jg sich untuk tinggalkan apalagi menarik pernyataan sy ke teman2 yang terkadang konsul… tp ala kulli hal ALHAQ min rabbika… sudah jdi sunnatullah bahwa sampai kebaikn ada yang tidak menyukainya… sesantun apapun kita menyampaikannya.. wallahu ‘alam

5 11 2013
Shahih

Dari Aisyah ra, dia berkata: Apabila salah seorang keluarga Rasulullah Saw sakit, beliau menghembuskan kepadanya dengan
bacaan surah Mu’awwidzat. Ketika Rasulullah Saw sakit menjelang wafat, aku pun menghembuskan bacaan tersebut kepada beliau dan aku usapkan
dengan menggunakan tangan beliau sendiri, karena tangan beliau lebih besar berkahnya daripada tanganku.(Bukhari 5016)

Dalam hadits shahih ini, dibenarkan membaca surat al quran untuk tujuan tertentu (Mu’awwidzat.=annass dan al falaq)
Mungkin hadits tentang alwaqiah lemah, tapi hadits bukhari di atas kuat, shahih, bahwa boleh/ bahkan dianjurkan oleh hadits di atas,

20 11 2013
Muhammad Wahidin Wahidin

salam perdamaian buat saudara ku semoga kita di beri rahmat oleh allah ,walaupan kita berbeda beda kita harus tetap bersatu ,sekarang yang menjadi masalah kita semua umat islam menigalkan amal agama yang suci ini seperti sholat berapa banyak umat ini menigalkan solat,ini yang harus kita risaukan dan kita pikirkan bersama ………..bukan masalah yang seperti ini yang membuat kita pasing berpcah belah akhiranya bukan hidayah yang turun ……malah kita saling berantam nauzubillah………wasalam

21 12 2013
mery lee

Wah piye yaa sebagian menerangkan hadits ini soheh termasuk dlm buku imam ghozali yg judulnua menggapai rejeki dg amal barokah skr aku baca ini hadits lemah…piye iki rek ??? Yaa allah berilah petunjukmu, jika hadits ini ternyata dha’if, berikanlah aku kekuatan untuk meninggalkannya…

13 02 2014
Nandang

banyak amalan hadits yang shahih tapi tidak banyak yang mengamalkan, kenapa hadits yang menerangkan al waqiah ente ngotot menyatakan hadits ini palsu? toh yang mengamalkan al waqiah tidak salah, ente tau gk klo al waqiah itu salah satu surah di dalam al qur’an, jangan2 ente gk tau surah al waqiah itu ada di dalam al qur’an yah?

29 10 2014
aning9390

Ya kalau ane sich insyaAllah niatnya Lillahi Ta’ala.. InsyaAllah selagi yang kita amalkan itu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala ya ane kerjain.. Mudah-mudahan Allah ridho ma hidup ane, kalau Allah dah ridho kan insyaAllah hidup juga pasti dimudahkan.. Aamiin Yaa Robbal Alamiin.. Btw ini yang ditekankan oleh Ustadz Yusuf Mansur ya rekan-rekan.. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga meridhoi beliau.. Allahumma Aamiin.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 50 other followers

%d bloggers like this: